Lahan Kantor Bawaslu Bateng Sangat Layak

  • Whatsapp
Rombongan Bawaslu RI, Bangka Belitung dan Bangka Tengah foto bersama didepan Plang lokasi lahan hibah yang rencananya akan dibangun Kantor Bawaslu Bangka Tengah, Selasa (22/10/2019). (foto: tamimi).

3.483 Meter Persegi di Kompleks Pemkab

KOBA – Tahapan pembangunan Kantor Bawaslu Bangka Tengah sudah di penandatanganan hibah lahan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng).

Lahan yang dihibahkan tersebut seluas 3.483 meter persegi berlokasi di Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Tengah.

Selain kegiatan survei lapangan yang dilakukan Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro didampingi Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan, Ketua Bawaslu Bateng Robianto beserta Komisioner Wahyu Wibowo, dan Muhammad Utoyo dan Sekretaris Bawaslu Bateng, dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman berita acara penyerahan hibah lahan dari Pemkab Bangka Tengah kepada Bawaslu Bangka Tengah yang dilakukan di Kantor Kecamatan Pangkalan Baru.

Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro mengatakan, lahan Kantor Bawaslu Bangka Tengah sangat layak untuk dibangun kantor.

“Setelah melihat lahan untuk kantor Bawaslu, saya sangat senang. Ini kantor yang layak untuk penyelenggara pengawasan Pemilu. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan secara resmi akan diserahkan Bupati kepada saya,” ujarnya disela-sela peninjauan lahan, Selasa (22/10/2019).

Dikatakannya, kantor tersebut akan digunakan untuk pembahasan pengawasan pemilu yang ada di Bangka Tengah.

“Sebagai Sekjen Bawaslu RI menerima lahan hibah ini dan secepatnya akan kita bangun. Mulai dibangun dijadwalkan pada tahun 2020 dan 2021,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, awalnya ingin membangun gedung graha jika bersebelahan dengan KPU, namun jaraknya ternyata jauh, sehingga tetap dibangun secara sendiri.

“Rencananya kalau bersebelahan dengan KPU akan dibangun graha pemilu, ternyata jaraknya jauh, sehingga tetap dibangun sendiri,” tuturnya.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi, tetapi mereka harus mengetahui apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan.

“Bila setiap hari masyarakat diberikan pemahaman tentang pengawasan, maka diharapkan demokrasi yang diperoleh adalah yang berkualitas,” tukasnya.

Baru Bateng yang Melaksanakan

Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan menambahkan penyerahan lahan hibah ini merupakan yang pertama kali diberikan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah kepada Bawaslu Bangka Tengah.

“Penyerahan lahan hibah ini merupakan yang pertama kali di berikan Pemkab Bangka Tengah kepada Bawaslu Bangka Tengah,” ujarnya.

Dikatakannya, dari tujuh kabupaten dan satu kota, baru Bangka Tengah yang melaksanakan ini. Itu artinya, lanjut dia, Kepala Daerah memang peduli dan sadar betul dengan tupoksi Bawaslu tersebut.

“Penyerahan lahan hibah ini menunjukkan bahwa kepala daerah peduli dan sadar betul dengan tupoksi Bawaslu. Untuk desain kantornya, akan ditentukan oleh Bawaslu RI bentuknya yang dimungkinkan seragam bentuknya di Bangka Belitung,” ungkapnya.

Ketua Bawaslu Bateng Robianto menambahkan, pihaknya akan menyiapkan administrasi dan teknis pembangunan gedung Kantor Bawaslu Bangka Tengah.

“Kita akan menyiapkan administrasi dan teknis terkait pembangunan gedung tersebut. Untuk saat ini fokus pada tahap penyerahan lahan dan selanjutnya akan mengurus sertifikat tanah yang dimutasi dari Pemkab Bangka Tengah kepada Bawaslu,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts