Lagi, Oknum Polisi Bawa Sabu

  • Whatsapp
Terduga pengedar narkoba didampingi polisi, menunjukan barang bukti sabu-sabu siap edar. Selain itu, oknum anggota Polres Bangka Selatan juga ikut ditangkap dalam kasus serupa. (foto: Dedi Irawan)

TOBOALI – Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Bangka Selatan kembali berhasil menciduk oknum anggota polisi yang terlibat dalam jaringan narkoba. Kali ini, pada Selasa (25/6/2019) malam sekitar pukul 20.30 WIB seorang oknum anggota Polres Bangka Selatan, AS (30) ditangkap, lantaran membawa narkotika jenis sabu.

Oknum AS yang beralamat di Jalan Kolong 2 Toboali ini dibekuk di Jalan Damai Kelurahan Tanjung Ketapang.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita barang bukti 1 plastik kecil berisi serbuk narkotika sabu seberat 0,29 gram, 1 HP, 1 sepeda motor Yamaha Mio serta 1 buah celana jeans.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono melalui Kabag Ops Kompol Rusnoto ketika dikonfirmasi Rakyat Pos, membenarkan penangkapan tersebut.

Menurut dia, saat ini oknum itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di sel tahanan mapolres.

Rusnoto juga tak menampik ada penangkapan narkoba di Kecamatan Simpang Rimba wilayah Bangka Selatan. Informasinya, penangkapan di Simpang Rimba itu dilakukan Senin (24/6/2019) malam dengan barang bukti berupa sabu bernilai jutaan rupiah.

Bandar narkoba tersebut diamankan petugas bersama tiga pelaku lainnya dan satu orang berhasil melarikan diri. Selain mengamankan barang bukti diduga sabu-sabu bernilai puluhan juta rupiah, turut diamankan satu unit mobil yang digunakan para terduga pelaku.

Kapolsek Simpang Rimba, AKP Edison Toha ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp tidak memberikan keterangan apapun hingga berita ini dirampungkan.

Sebelumnya, jajaran Polres Bangka Selatan juga meringkus seorang laki-laki yang diduga melakukan penyalahgunaan sabu-sabu.

“Penangkapan terhadap terduga penyalahguna narkotika psikotropika dan zat adiktif (narkoba) jenis sabu-sabu dilakukan personel Satresnarkoba Polres Bangka Selatan pada Senin (24/6) sekira pukul 13.00 WIB,” kata Kepala Satuan Resnarkoba, AKP Satriadi di Toboali.

Ia menyebutkan, terduga pelaku itu berinisial AS (40) warga Dusun Pasir Putih, Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan yang ditangkap di Dusun Air Banten I (Telek) berkat informasi masyarakat.

“Setelah melakukan penangkapan, personel kemudian menggeledah rumah pelaku dan menemukan narkotika jenis sabu di dalam tas kecil warna coklat tidak jauh dari tempat tersangka duduk,” katanya.

Pada penangkapan itu, polisi menemukan barang bukti satu paket besar sabu seberat 5.08 gram, satu paket kecil sabu seberat 0.56 gram, satu plastik bening besar kosong, dua pelastik bening besar kosong dan satu buah tas kecil warna coklat serta satu unit HP warna putih.

“Selanjutnya pelaku digelandang ke Mapolres Bangka Selatan untuk dimintai keterangan dan proses penyidikan lebih lanjut,” kata dia.

Penangkapan terhadap pelaku AS ini sesuai dengan Laporan Polisi Nomor LP/A-343/VI/2019/Babel/Resbasel, Tanggal 24 Juni 2019.

” Atas perbuatannya tersangka patut diduga melanggar Pasal 114 ayat 2 sub 112 ayat 2 UU NO. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun kurungan penjara,” tegas Satriadi.

Penangkapan terduga pelaku narkoba juga dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Belitung, Selasa (25/6/19) malam di Jalan Sa’ie Desa Aik Raya Kecamatan Tanjungpandan.

Pelaku merupakan seorang pria bernama Agfriyanto alias Atok (31) warga Jalan Jendral Sudirman Desa Air Raya Tanjungpandan. Dari tangannya didapati sabu seberat 0,13 gram.

“Ini pengembangan dari kasus narkoba yang lama, dapat informasi itu polisi langsung melakukan penyelidikan. Saat dilakukan pengecekan di lokasi ada orang yang dicurigai langsung dilakukan penggerebekan, digeledah ternyata benar didapati narkoba yang tersimpan di dalam kotak rokoknya,” kata Kanit Narkoba Polres Belitung Ipda Made kepada Rakyat Pos, kemarin.

Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana membenarkan penangkapan ini. Menurutnya, pelaku merupakan hasil dari penyelidikan kasus-kasus narkoba yang sudah lama.

“Benar semalam kita ada tangkapan narkoba, itu dari hasil penyelidikan satres narkoba,” kata dia sembari menambahkan ada barang bukti lain yakni ponsel, satu unit sepeda motor, dan satu helai celana dan baju.

“Kini pelaku sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pasal yang kita terapkan terhadap pelaku Pasal 112 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkasnya. (raw/dod/1)

Related posts