Kuota PPDB SMA/SMK Terbatas

  • Whatsapp

Swasta Jadi Pilihan

Pangkalpinang – Kuota penerimaan peserta didik baru untuk jenjang SMA dan SMK di Provinsi Bangka Belitung (Babel), masih terbatas. Belum dapat menampung semua lulusan SMP yang lulus tahun ini.
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menegaskan, untuk memenuhi kebutuhan pendidikan jenjang SMA dan SMK ini, sebetulnya ada sekolah swasta yang bisa menampung lulusan SMP.
Hanya saja, kata dia, banyak orangtua yang enggan menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta, sehingga masih menumpuk di sekolah negeri.
“Memang tidak mencukupi atau mampu menampung semua lulusan SMP, disinilah peran sekolah swasta. Tapi karena masyarakat enggak mau ke swasta, kalau mau enggak apa-apa,” katanya.
Untuk menambah kapasitas ruangan, membutuhkan waktu yang lama, apalagi membangun sekolah baru, tentu banyak pertimbangan.
Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Babel, M. Soleh menambahkan, untuk kuota jenjang SMA sebanyak 11.576 siswa baru, dan SMK 11.433 siswa baru.
“Jangan semua orangtua pengen masukkan anaknya ke sekolah negeri, ini daya tampung terbatas, sekolah swasta silahkan,” tandasnya.
Soleh menegaskan, sekarang tak ada lagi sekolah unggulan, semua sekolah swasta dan negeri bagus, asalkan proses belajar mengajar bermutu.
“Kalau pendidikannya bagus, hasilnya bagus juga, semuanya sama sehingga proses yang akan menentukan semakin berkualitas, proses pembelajaran hasilnya juga akan berkualitas,” tukasnya. (nov/6)

Related posts