Kunjungi Polres Belitung Timur, Kapolda Imbau Anggota Polri Tanggap

Kepala Kepolisian Daerah Kepulaua Bangka Belitung (Babel) foto bersama jajaran Polres Belitung Timur, disela-sela kunjungan kerjanya ke Polres Belitung Timur Selasa (17/10/2017).(foto: yan).

MANGGAR – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulaua Bangka Belitung (Babel) melakukan kunjungan kerja ke Polres Belitung Timur (Beltim), Selasa (17/10/2017).

Turut dalam rombongan Kapolda itu, Dir PamOvit, Dir Binmas, Dir Sabhara, Dir Resnarkoba serta Kasat Brimob Polda Babel.

Tiba di Mapolres Beltim, rombongan Kapolda Brigjen Pol. Drs. Syaiful Zachri, disambut langsung oleh Kapolres Beltim beserta Jajaran, Wakil Bupati Beltim, Burhanudin, jajajaran Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Beltim Jimmy Tjong, Ketua KPUD Kabupaten Beltim Pirmawan, Ketua Panwaslu Beltim Wahyu Evan Yudistira, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh adat serta seluruh Jajaran Personil Polres Beltim.

Dalam sambutannya, Kapolres Beltim, AKBP Nono Wardoyo, memamaparkan sekilas kondisi wilayah Beltim. Kapolres menerangkan, untuk jabatan perwira dari tingkat Polres sampai dengan Polsek sebagian sudah terisi, dan hanya Kasatres Narkoba yang masih kosong. Dan jumlah keseluruhan anggota polres 300 orang terdiri dari anggota Polri dan PNS.

“Ada beberapa kasus yang ditangani Polres Belitung Timur, yaitu Kasus Lantas di tahun 2017 mengalami penurunanan, angka Kriminalitas rendah dan situasi relatif aman dan kondusif,” ungkap Nono Wardoyo.

Program Polres Beltim saat ini, diantaranya program pembinaan keagamaan di lingkungan Polres sampai Polsek, Program Bhabinkamtimas dapat berjalan lancar di wilayahnya masing-masing. Program warkop kamtibmas dari tingkat Polres dan polsek sudah berjalan di Kecamatan Dendang dan Kecamatan Kelapa Kampit, Program bimmas OK dengan sasaran bidang olahraga, Program Perisai dilakukan pada setiap hari Rabu dan Kamis, dikarenakan aktifitas masyarakat yang cukup tinggi terutama kaum muda.

Tujuannya melindungi masyarakat agar aktifitas masyarakat dapat berjalan normal, dan sebagaimana mestinya. Terutama pada Rabu dan Sabtu, aktifitas masyarakat cukup tinggi. Kegiatan yang dilakukan dengan melakukan patroli rutin tempat-tempat rawan dan pemeriksaaan kendaraan.

Kemudian, lanjut Kapolres Nono, ada Program cintai Polisi sejak dini dengan sasaran anak TK dan SD dengan memberikan pendidikan pengenalan profesi polisi kepada anak-anak sejak dini, serta yang terkahir yaitu Program sigap 3 pilar merupakan sinergitas antara Kepala Desa, Babinsa dan Bhimkamtibmas, sehingga diharapkan permasalahan sekecil apapun dapat diselesaikan dengan cepat di tingkat bawah. Untuk hal tersebut, Pemda telah membuat kantor bersama antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tiap Desa.

Lanjut Kapolres, dukungan yang diterima Polres Beltim saat ini yaitu Bantuan pembangunan kantor bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa dari 39 desa telah dibangun 14 kantor bersama, Kendaraan Roda dua berjumlah 12 kendaraan Sepeda Motor Kawasaki KLX, Kendaraan roda empat mobil honda City yang digunakan sebagai kendaraan Patwal, Pembangunan Tempat uji praktek Sim, Renovasi ruangan Satres narkoba dan logistik Polres Beltim serta Pembangunan pagar Polres Beltim.

Wakil Bupati Belitung Timur Burhanuddin mengatakan, Pemkab Belitung Timur mendukung program yang dilaksanakan oleh Polres Beltim dalam mengayomi masyarakat. Ia berharap hubungan yang telah terjalin dengan baik agar berkelanjutan.

“Bantuan yang diberikan kepada Polres Beltim diharapkan dapat memotivasi anggota Polres Beltim dan jajaran dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dengan sepenuh hati,” ujar Burhanudin.

Sementara itu, Kapolda Babel, Brigjen Pol Syaiful Zachri menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diterimanya. “Semoga menjadi awal pembuka silaturahmi yang baik,” harap Kapolda di Gedung Graha Patriatama Mapolres Beltim.

Menurut Kapolda, kunjungan pertama di masa jabatan yang baru dan mempunyai daya tarik tersendiri, karena situasi dan kondisi di Beltim yang dinilainya masih aman.

Karena itu, harap Kapolda, perlunya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan aparat keamanan dalam mendukung kebijakan pemerintahan.

Kepada Anggota Polres Beltim, ia mengimbau, Anggota Polri sebagai pelaksana Kamtibmas dan diharapkan sebagai anggota Polri untuk tanggap akan tugas dan tanggung jawabnya sesuai Slogan Polri yaitu Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat, jangan dianggap sepele.

“Saat ini, nilai kepercayaan masyarakat terhadap Polri meningkat 77 persen, berada di peringkat keempat setelah TNI, dan sebelumnya berada di peringkat ketiga di bawah dari seluruh lembaga Kementerian/pemerintahan. Hal tersebut karena beberapa faktor, yaitu keberhasilan mengungkap terorisme dan kemampuan anggota Polri mengungkap beberapa kasus dengan cepat serta program Bhabinkamtibmas yang dilaksanakan,” terang Kapolda.

Untuk itu, kata Syaiful, Polri wajib dan mendukung serta menunjang program yang direncanakan ataupun dilaksanakan oleh pemerintah daerah, dan diharapkan Polri dapat berkejasama dan bersinergi dengan instansi lain serta tidak arogan.

Kemudian, unsur pimpinan nasional sudah ingin berubah, dan untuk itu di wilayah juga harus berubah untuk kepentingan masyarakat.

Kapolda mengingatkan, agar Waspada terhadap para pendatang dan pendataan E-KTP ataupun domisili mulai diaktifkan kembali sesuai program Pemerintah. “Sebagai Kapolda Babel yang baru, tidak banyak membuat kebijakan baru, dan hanya melanjutkan kebijakan Kapolri, dan hal tersebut perlu disadari atas dasar manfaat,” ungkap Kapolda.

Kapolda kembali mengingatkan kepada anggota kepolisian yang masuk dalam program Promoter Kapolri, yaitu diantaranya, Peningkatan kerja dengan inovasi pelayanan Publik IT, Konflik sosial sekecil apapun permasalahan di masyarakat segera di atasi dan jangan sampai mencuat, Tetap waspada terhadap Terorisme, Kejahatan narkoba sudah banyak berkembang jangan sampai anggota Polri terlena dan apabila ada yang terlibat akan tindak tegas, Penanganan tindak pidana jangan sampai ada maksud kekererasn dan harus dilumpuhkan.

Managament media, siap mem-back up cipta Kondisi terhadap situasi yang negatif, agenda nasional dalam waktu dekat perlu disiapkan terkait pengamanan Natal dan Tahun baru.

Kegiatan kemasyarakat perlu adanya pengamanan dan tidak perlu under istimate. Juga, terkait Pemilu Nasional perlu disiapkan dan selalu adakan koordinasi dengan lintas sektoral, Mendukung program pemerintah diantaranya Saber Pungli, antisipasi kebutuhan bahan pokok jangan sampai melonjak serta memberikan keamanan bagi yang berinvestasi.

Pada kesempatan sama, disela acara, Kapolda Babel memberikan bantuan kepada Polres Beltim dan jajarannya berupa 1 Unit Kendaraan Roda 4 untuk Patwal Polsek Gantung, 5 unit kendaraan roda dua untuk Polsek Manggar, Sound system untuk Polsek Kelapa Kampit dan Polsek Manggar, 5 pucuk senjata api laras pendek dan 92 body vest.

Tak lepas juga, Kapolda memberikan penghargaan kepada Pemda Belitung Timur yang sudah memberikan beberapa bantuan hibah kendaraan ataupun bangunan. Juga kepada DPRD Belitung Timur yang sudah menyetujui Pemda dalam memberikan bantuan kepada Polres Beltim. Termasuk didalamnya
Desa Padang Kecamatan Manggar dalam membangun kantor Bhabinkamtibmas.

Usai Shalat Dzhuhur berjamaah di Masjid Polres Beltim, Kapolda melanjutkan kunjungan ke Polsek Manggar dan peninjauan ke Rukan (Rumah Kantor) Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Desa Baru Manggar.(yan/3).

No Response

Leave a reply "Kunjungi Polres Belitung Timur, Kapolda Imbau Anggota Polri Tanggap"