by

Kunjungi Kompi Senapan B Sungailiat, Pangdam II Sriwijaya : Netralitas TNI Harga Mati

-Bangka-327 views
Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan menyerahkan bingkisan kepada prajurit saat kunjungan kerjanya ke Markas Kompi Senapan B 141/AYJP Sungailiat, Kamis (27/9/2018). (foto: Cep Susanti)

SUNGAILIAT – Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan meminta kepada seluruh anggota TNI yang ada di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk tidak terlibat politik praktis dan menjaga netralitas pada Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

“Saya sudah sampaikan ke prajurit, kita tetap menjaga netralitas TNI adalah harga mati dan tidak boleh atau siapapun anggota TNI yang terlibat hal-hal berpolitik praktis karena kita TNI harus menjaga netralitas,” kata Irwan saat kunjungan kerjanya ke Markas Kompi Senapan B 141/AYJP Sungailiat, Kamis (27/9/2018).

Menurut Irwan, jika nantinya ada oknum TNI AD yang terlibat politik praktis, pihaknya akan secara tegas menindak sang oknum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Kalau ada yang melanggar, pasti kita tindak sesuai prosedur yang ada,” imbuhnya.

Akan tetapi, khusus untuk istri anggota TNI AD serta PNS TNI AD, lanjut dia, diperbolehkan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan nuraninya masing masing. “Kecuali Persit dan PNS kita, yang mana dia sebagai warga negara, dia punya hak untuk memilih sesuai dengan hati nuraninya,” ungkapnya.

Terkait pelaksanaan Pemilu di Bangka Belitung, lanjut Irwan, pihaknya siap membantu kepolisian daerah dalam melakukan pengamanan pilpres 2019. “Kodam II Sriwijaya juga siap mengamankan jalannya pemilu di lima provinsi yang ada di wilayah Sumatera,” katanya.

Sementara itu, menurut pria kelahiran Padang ini, kedatangannya ke Bangka Belitung dalam rangka kunjungan kerja ke Makorem Garuda Jaya 145 disertai mengunjungi batalyon yang ada dibawah kendali Kodam II Sriwijaya.

“Disini saya ingin melihat langsung kondisi prajuritnya bagaimana, kondisi pangkalannya juga bagaimana, personelnya sehingga kedepan saya bisa mengambil langkah ke arah yang lebih baik,” kata Irwan.

Disamping itu, dalam kunjungan kerjanya yang pertama ke Babel ini, ia ingin bertemu secara langsung dan bertatap muka dengan prajurit-prajurit TNI AD yang bertugas di Babel.

“Sebagai saya sebagai warga baru harus perkenalkan diri dan bertemu dengan anak-anak saya yang ada disini baik yang ada di batalyon maupun di Makorem,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ini, Irwan didampingi perwira Korem Garuda Jaya dan Kodim. Irwan disambut para prajurit ditandai pengalungan bunga oleh putra putri prajurit kepada Pangdam saat memasuki halaman Kompi Senapan B. (snt/10)

Comment

BERITA TERBARU