Kunjungi DKPUS Babel, Kades dan BPD Desa Rebo Minta Petunjuk Akreditasi Perpusdes

  • Whatsapp
Kadis DKPUS Babel foto bersama Kades, ketua BPD dan Pengelola Perpusdes Rebo.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG –  Di penghujung tahun 2020, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Pangkalpinang, kembali dikunjungi jajaran aparatur pemerintah desa.

Rombongan yang terdiri dari Kepala Desa (Kades), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pengelola Perpustakaan Desa (Perpusdes) Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka itu, dalam rangka meminta petunjuk kepada Kepala DKPUS Babel beserta jajarannya, berkenaan dengan rencana akreditasi Perpusdes Rebo.

Read More

Kedatangan rombongan dari Desa Belo, Senin (28/12/2020) siang, disambut langsung Asyraf Suryadin Kepala DKPUS Babel di ruang kerjanya, didampingi Pejabat Administrator dan Pustakawan DKPUS Babel.

Kades Rebo, Fandi mengatakan, tujuan akreditasi Perpusdes Rebo tidak lain untuk kemajuan masyarakat Desa Rebo.

Saat ini, kata Fandi, Desa Rebo telah memiliki Gedung Perpusdes sendiri. Begitu juga dengan struktur organisasi dan lainnya. Khususnya untuk koleksi buku yang ada saat ini di Perpusdes Rebo hamper dua ribuan.

Dalam rangka mendukung koleksi buku, Pemdes Rebo telah menganggarkan dana untuk pembelian buku-buku Perpusdes. Khusus untuk tahun 2020 ini, anggarannya ditiadakan karena covid-19.

Namun, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Desa Rebo. Makanya, menurut dia,  akreditasi yang ditargetkan tahun 2021 mendatang sebagai langkah untuk itu.

Desa Rebo sendiri, saat ini, disebutkan Kades Fandi, memiliki lebih kurang 1000 kepala keluarga, dengan profesi buruh, nelayan, petani. “Lebih banyak profesi buruh,” ujarnya.

Ia mengakui, hingga sekarang minat baca masyarakat masih kurang. Untuk mendorong minat baca tersebut, saat ini, Pemdes Rebo bekerja sama dengan Posyandu menggelar kegiatannya di Perpusdes. Langkah tersebut, untuk mengenalkan Perpustakaan ke masyarakat.

Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengaku senang atas kunjungan Kades dan Ketua BPD Rebo ke DKPUS Provinsi Babel.

Kehadiran Kades dan BPD ini, menurut Asyraf, petanda baik dalam perkembangan minat baca masyarakat desa setempat. Sebab, di jajaran Pemdes dan BPD saling mendukung.

Related posts