Kunjungan Kerja ke Pulau Seliu, Sahani Tekankan Prioritas Pembangunan Dasar

  • Whatsapp
Bupati Belitung, Sahani Saleh didampingi Ketua DPRD, Ansyori dan Camat Membalong Oscar saat melakukan dialog.(Foto: Bastiar).

MEMBALONG – Dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dalam upaya membangun daerah, Anggota DPRD Kabupaten Belitung bersama dengan Bupati Belitung, Sahani Saleh melakukan Kunjungan Kerja ke Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Belitung, Bangka Belitung,Jum’at (03/07/2020).

Kunjungan DPRD, Bupati dan pejabat Pemda itu, dimanfaatkan untuk menyampaikan masukan dan usulan terkait dengan pembangunan.

Kepala Desa Pulau Seliu, Edyar menyampaikan beberapa usulan dan masukan terkait pembangunan Desa Pulau Seliu ke depan, khususnya pengembangan destinasi wisata.

Edyar mengusulkan pembangunan dermaga yang banyak dikeluhkan masyarakat, karena kondisi dermaga yang perlu dilakukan perbaikan.

Baca Lainnya

“Kami mengusulkan agar nantinya dermaga dan gerbang masuk pelabuhan bisa diperbaiki dan dilengkapi fasilitasnya, karena dermaga ini, merupakan sarana vital untuk menunjang keberlangsungan perekonomian masyarakat setempat,” kata Edyar.

Kades dua periode ini, mengeluhkan kondisi jalan di desanya. Menurut Edyar, perlu perbaikan jalan agar bisa lebih dipercantik dan diperbaharui sebagai salah satu daya tarik pariwisata.

“Mohon agar bisa direspon dan bisa ditindaklanjuti, khususnya berkenaan dengan upaya untuk membangun Desa Pulau Seliu sebagai kawasan destinasi pariwisata, sekaligus agar bisa menjadi pilot project pengembangan pariwisata,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan, terkait usulan yang disampaikan Kepala Desa Pulau Seliu, agar nantinya bisa dibuatkan masterplannya, terkait pengembangan pembangunan Desa Pulau Seliu.

“Intinya, harus dibuatkan masterplannya terlebih dahulu sebagai dasar bagi Pemerintah Daerah untuk bisa mengembangkan pembangunan. Lengkapi dulu dokumen dan data-datanya agar nantinya bisa dipaparkan ke Pemerintah Pusat, dan Tahun 2021 bisa dianggarkan,” jelas Sahani Saleh.

Sahani Saleh menekankan, saat ini, Pemerintah Daerah terus fokus pada prioritas pembangunan dasar, diantaranya terkait pembangunan jalan, listrik dan air bersih, termasuk didalamnya juga pembangunan sarana penting lainnya, seperti pelabuhan.

“Infrastruktur dasar harus menjadi prioritas lebih dulu. Karena hal ini merupakan modal dasar untuk membangun daerah. Saya berharap, untuk rencana pengembangan pembangunan Desa Pulau di Seliu ke depan agar segera dituntaskan masterplannya,” tegas Sahani Saleh.

Yang juga penting, lanjut Sanem, panggilan akrab Sahani Saleh, untuk menjadi perhatian adanya komunitas masyarakat yang bisa ditonjolkan. Karena hal ini, dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Pusat dalam mendukung pengembangan pembangunan daerah.

Senada dengan Bupati Belitung, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori mengapresiasi kinerja Kepala Desa Pulau Seliu beserta jajaran yang dari awal sudah merintis perencanaan pembangunan desa ke depan.

Ditambahkan Ansori, untuk perencanaan pembangunan ke depan, perlu di susun masterplan yang matang dan terinci untuk bekal pembangunan ke depan.

“Kami akan terus mendukung berbagai upaya yang akan dilakukan Pemerintah Desa, khususnya dalam kaitan inovasi pada pengembangan sektor pariwisata. Saya juga berharap konsep pariwisata jangan hanya menonjolkan keindahan alam semata, akan tetapi adat seni budaya juga harus kita gali,” pungkasnya.(yan/3).

Related posts