KUBE Binaan Dinsos di Air Nyatoh Miliki Aset Hingga 300 Juta

  • Whatsapp
Sekdinsos Babel Wahyono foto bersama KUBE Ikan Teri Air Nyatoh Bangka Barat.(foto: istimewa).

RAKYAT POS.COM, SIMPANG TERITIP – Satu lagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) binaan Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dinsos Babel) berhasil dikelola oleh masyarakat penerima KUBE di Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Babel.

Asbaru Ketua KUBE Ikan Teri Air Nyatoh menjelaskan, sejak dibantu modal 20 juta rupiah pada tahun 2010 oleh Dinsos Babel, sampai dengan sekarang banyak mengalami perkembangan.

Read More

Modal senilai 20 juta rupiah tersebut, dijelaskan lebih oleh Asbaru atau yang akrab dipanggil Baba, awalnya dibelikan ke 1 unit mesin tempel 15 pk merk enduro seharga Rp19.500.000. Mesin tersebut kemudian disewa oleh masyarakat untuk kegiatan nelayan ke bagan.

“Selama 8 bulan, tepatnya 15 September 2011, dari hasil jasa sewa mesin tersebut dibelikan perahu bekas senilai 410.000 rupiah. Pada tahun 2013, dibelikan lagi perahu baru senilai 16 juta ruoiah. Di tahun 2013, dibelikan lagi 1 unit mesin tempel seharga 13 juta rupiah,” ungkap Asbaru dihadapan Sekretaris Dinsos Babel, Wahyono, yang saat itu mengecek langsung KUBE di Desa Air Nyatoh.

Selanjutnya, diceritakan Asbaru, dari hasil tersebut tahun 2014 dibelikan ke bagan tancap lengkap dengan perabotnya senilai 16 juta rupiah. Namun sayang, kata dia, bagan rubuh akibat angin kencang pada tahun 2017.

Masih dituturkan Asbaru Ketua Kelompok KUBE, di tahun 2014 pihaknya membeli perahu tempel seharga 20 juta rupiah, membeli mesin parut kelapa seharga 1.600.000. Dari hasil usaha itu, tahun 2016 dibelikan lagi mesin tempel 15 pk seharga 13.500.000, dan dibelikan perahu seharga 11 juta rupiah.

Tidak sebatas itu, pada tahun 2017, KUBE yang diketuai Asbaru juga berhasil membuat toko kelontong sembako, berikut membeli mesin tempel bekas seharga 13.500.000. Tahun 2019, KUBE tersebut juga mampu membeli sebidang kebun sawit dengan modal 5 juta rupiah.

“Sekarang, untuk mesin tempel tinggal 2 unit, sedangkan yang lain dijual, mengingat sudah sering rusak. KUBE Air Nyatoh saat ini telah memiliki aset hingga sebesar 300 juta rupiah,” papar Asbaru, didampingi jajaran pengurus dan anggota KUBE, Arsik, Amin, Mustafa, Dedi, Muhammad, Sainudin, Hendri, Lajuma, dan Meriyanto.

Wahyono, Sekretaris Dinsos Babel mewakili Kadinsos Babel, Azis Harahad dalam kesempatan itu mengaku senang atas pencapaian modal KUBE Dinsos Babel yang dikelola KUBE Ikan Teri Desa Air Nyatoh.

Ia berharap, capaian usaha dari modal hanya 20 juga rupiah dan kini berhasil memiliki aset sampai 300 juta rupiah, bisa ditiru oleh penerima KUBE lainnya di Babel. sebab, kata Wahyono, bantuan KUBE tersebut, diharapkan tidak hanya bisa meningkatkan kesehteraan kelompoknya saja, namun juga masyarakat sekitar keberadaan KUBE. (rell/vip/3).

Related posts