KSOP Siap Bantu Tingkatkan Pendapatan Daerah

  • Whatsapp

Distamben Seminar Verifikasi Muatan

Tanjungpandan – Untuk menghindari adanya ketidak sinkronaantara pembayaran pajak dengan jumlah muatan, Distamben Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar pertemuan dengan pelaku tambang pasir, tanah liat dan kaolin.

Pertemuan yang bertajuk “Seminar verifikasi muatan” yang berkaitan dengan minerall digelar di Wisma Bougenville Belitung (30/3/2017).

Seminar dihadiri oleh KSOP Pelabuhan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Pengusaha Pasir, dan Pengusaha Kaolin yang ada di Kabupaten Belitung.

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, Tanjungpandan, Belitung, capt Capt Muas Effendi Nasution saat ditemui di ruang kerjanya (29/3/2017) mengatakan, seminar verifikasi muatan yang berkaitan dengan mineral ini dilaksanakan karena adanya Surat Edaran Gubernur Bangka Belitung Nomor 253 Tahun 2016 guna menghindari adanya selisih harga muatan yang dibayar pajaknya dengan muatan yang diangkut.

“Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Daerah mengeluarkan surat edaran berdasarkan tonase muatan,” terang Capt. Muas.

Muas menambahkan, KSOP siap membantu meningkatkan Pendapatan Daerah dalam hal ini dengan mengkonfirmasi Laporan Hasil Verifikasi dari Kargo Suppliyer Indonesia atau Sucofindo yang memverifikasi muatan tersebut. “Tanpa itu kita tidak bisa memberangkatkan kapal,” tegas Muas.

Muas juga mengharapkan, hasil notulen seminar ini dapat disampaikan ke instansi-instasi yang terkait lainnya supaya bisa menghindari kesalahpahaman.

“Saya harap notulen hasil seminar disampaikan ke penegak hukum lainnya, seperti kejaksaan, polisi, dan angkatan laut, sehingga tidak ada tumpang tindih nantinya,” harapnya.

“Untuk rehabilitasi dan pembangunan yang berkelanjutan, seperti pelabuhan kita telah mengajukan anggaran dilengkapi dengan site plan yang ditujukan ke kementerian antara lain penambahan tempat sandar kapal sepanjang enam ratus meter dan perbaikan akses badan jalan dari mulai pintu masuk sampai ke tempat aktifitas bongkar muat dengan mengunakan cor beton. Semoga rencana ini bisa segera terealisasi,” imbuhnya.(cr/3)

Related posts