KPUD belum Dapatkan Anggaran Sosialisasi Surat Suara

  • Whatsapp

Anggaran Disiapkan KPU Kurang Lebih 1,25 miliar

Abdul Ghofur

TANJUNGPANDAN – Pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 di Indonesia akan dilakukan secara serentak. Pemilihan Legeslatif dan Pemilihan Presiden kini waktunya tinggal beberapa bulan lagi.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung sampai saat ini, belum mendapatkan anggaran untuk melakukan sosialisasi terhadap surat suara secara merata.

Akhirnya, banyak warga yang masih belum mengetahui bentuk dan warna-warna dari surat suara yang akan dicoblos nanti di tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Belitung, Abdul Ghofur menyampaikan hal ini kepada awak media.

Menurutnya anggaran yang disiapkan KPU sebanyak kurang lebih 1,25 miliar rupiah hingga saat ini belum terkucurkan.

“Untuk sosialisasi, sampai hari ini, juknis itu belum ada untuk anggaran 2019, jadi belum bisa dilaksanakan. Kami juga pusing masalah itu dari KPU RI belum ada dana juknisnya. Tapi, secara pribadi sudah kami sosialisasikan. alasan surat suara baru Sabtu kemaren kita sosialisasikan dan baru disahkan,” ungkap Abdul kepada wartawan, Selasa (15/1/2019).

Akan tetapi, dijelaskan oleh Abdul, meski anggaran tersebut belum dikucurkan oleh KPU RI, pihaknya kini telah merekrut relawan sebagai mitra KPU Kabupaten Belitung untuk melakukan sosialisasi.

“Kita juga sekarang ada rekrutmen relawan demokrasi baru sebagai mitra kita untuk mensosialisasikan semaksimal mungkin sampai H-1 nanti termasuk surat suara, warna dan tanggal penetapannya,” jelasnya.

Terpisah, hasil dari pantauan wartawan harian ini dilapangan, membenarkan banyaknya warga yang belum mengerti terkait dengan surat suara tersebut.

Arsani (29) warga Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan, yang merupakan salah satu pemilih milenial saat ditanya bentuk surat suara mengaku belum mengetahui sama sekali.

“Belum mengetahui, tidak ada sampai saat ini sosialisasi. Mungkin nanti, tapi saat ini kami belum tahu,” katanya.

Terkait dengan surat suara serentak di tahun 2019 yang nantinya ada lima warna dan fungsi beberapa warna surat suara pun dia tidak mengerti.

” Warna surat suara juga belum tahu, cuma tahunya kan nanti ada lima surat suara dan warna apa saja tidak tahu , hanya sebatas dengar-dengar saja saat ini,” pungkasnya.(dodi/3)

Related posts