KPUD Basel Rekrut 427 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih

  • Whatsapp
Rahmad Nadi

Dimulai dari 24 Juni hingga 14 Juli 2020

TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan (KPU Basel) saat ini sedang merekrut petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP). PPDP bertugas untuk melakukan pencocokan dam penelitian data pemilih pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Basel yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

“Saat ini, KPU Basel sedang melakukan rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Untuk jumlah yang dibutuhkan sebanyak 427 PPDP yang akan ditempatkan di 427 TPS berdasarkan hasil berita acara yang telah kita buat,” kata Komisioner KPUD Basel Rahmad Nadi, Selasa (7/7/2020).

“Untuk teknisnya tetap seperti yang terdahulu dilakukan dengan model door to door, tetapi tetap dilakukan dengan standar protokol kesehatan seperti sarung tangan, masker, face shield serta selalu membawa hand sanitaizer,” tegasnya.

Baca Lainnya

Rekrutmen PPDP, kata Rahmad Nadi, sudah dimulai berdasarkan tahapan yaitu pada 24 Juni sampai dengan 14 Juli 2020.

“Saat ini, proses rekrutmen sedang berlangsung. Mereka yang dipilih nanti akan mendapatkan bimbingan teknis yang akan dilaksnakan dari tanggal 11-14 Juli 2020,” ujarnya.

Di sisi lain, Rahmad Nadi mengungkapkan, KPU Basel menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Bangka Selatan.

Bimtek ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman pada tahapan pemutakhiran data pemilih kepada PPK dan PPS dalam merekap hasil pencocokan dan penelitian data pemilih pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan 2020.

“Saat ini, semua PPK dan PPS sudah kita lakukan bimtek, dan hari ini untuk kecamatan Toboali yang terakhir. Karena kita menyesuaikan dengan keadaan mereka yang sedang melakukan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan,” pungkasnya.

Rahmad mengatakan, tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada 2020, akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus, yang akan dilakukan oleh petugas pemuktahiran data pemilih.

“Saat ini, tahapan yang sedang berlangsung rekrutmen petugas pemuktahiran data pemilih yang dimulai tanggal 24 Juni sampai dengan 14 Juli. Untuk jumlah PPDP sebanyak 427 yang akan ditempat di 427 TPS berdasarkan berita acara yang telah dibuat,” imbuhnya.(raw/3)

Related posts