KPU Umumkan Hasil Pleno Syarat Pencalonan Paslon BERIMAN dan BERDIKARI

  • Whatsapp


RAKYATPOS.COM, KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (14/09/2020) pekan kemarin menggelar rapat pleno dengan agenda penetapan persyaratan calon pasangan BERIMAN bersama H. Ibnu Saleh dan Herry Erfian dengan BERDIKARI bersama Didit Srigusjaya dan H. Korari Suwondo.

Berkas syarat pencalonan kedua paslon telah diumumkan melalui pleno yang hasilnya menetapkan Memenuhi Syarat (MS) sebagai syarat pencalonan dalam mengikuti Pemilukada Serentak di Bangka Tengah Tahun 2020.

Pleno tersebut dihadiri Komisioner KPU disaksikan Komisioner Bawaslu Bangka Tengah dan LO atau tim penghubung paslon BERIMAN dan BERDIKARI.

“Dua paslon yakni BERIMAN dan BERDIKARI telah menyerahkan syarat pencalonan melalui Liaison Officer (LO) atau tim penghubung bahwa secara resmi KPU umumkan berkas syarat pencalonan kedua paslon dinyatakan lengkap tanpa perbaikan. Jika ada perbaikan, mereka mempunyai kesempatan untuk memperbaiki mulai tanggal 14-16 September 2020,” ujar Rusdi, Ketua KPU Bangka Tengah saat dikonfirmasi rakyatpos.com, Senin.

Baca Lainnya

Untuk keterangan calon, setelah dilakukan verifikasi yang terdiri dari ijazah, keterangan pengadilan, keterangan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), dan kelengkapan lainnya dinyatakan memenuhi syarat tanpa ada indikasi pemalsuan dokumen.

“Itu diserahkan oleh LO perwakilan dari kedua paslon masing-masing,” ungkapnya.

Sedangkan untuk syarat pencalonan lain yang perlu dilengkapi oleh paslon BERDIKARI yakni Didit Srigusjaya dan H. Korari Suwondo terkait surat pengunduran diri dan surat itu dalam proses.

“Surat itu diserahkan paling lambat lima hari sejak penetapan calon dari tanggal 23-27 September 2020,” tuturnya.

Mengenai SK pemberhentian itu sebutnya paling lama 30 hari sebelum pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 harus disampaikan kepada KPU Bangka Tengah.

“Hal itu diatur dalam aturan yang telah ditetapkan oleh KPU,” tukasnya. (ran).

Related posts