by

KPU Siapkan Surat Suara Tambahan

-Politik-284 views

PANGKALPINANG – KPU Kota Pangkalpinang mencetak surat suara untuk Pilkada Pangkalpinang melebihi jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT). Jumlah surat suara yang dicetak berkisar antara 126.696 ditambah kelebihan 2,5 persen.

Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Pangkalpinang Penti menjelaskan perhitungan kelebihan pencetakan surat suara tersebut bukan dihitung dari jumlah DPT keseluruhan, tapi dihitung dari jumlah DPT yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kalau kelebihannya dihitung secara menyeluruh maka sering tidak tepat. Kelebihan 2,5 persen itu dihitung jumlah DPT di setiap TPS, contoh di TPS A jumlah DPT ada 400, maka kelebihan 2,5 persen itu dihitung dari 400 DPT itu. Bukan dari keseluruhan DPT,” jelas Penti kepada wartawan, Kamis (3/5/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kelebihan 2,5 persen tersebut untuk kertas suara tambahan yang diperuntukan bagi pemilih yang tidak masuk dalam DPT, namun menggunakan e-KTP atau surat keterangan.

“Cuma itu saya yang kita cetak lebih. Paling tambahan yang lebihnya kita sediakan itu seperti paku untuk alat coblos yang sering hilang dan kunci kotak suara yang sering rusak,” ujar Penti.

Sementara itu, untuk proses pencetakan surat suara dipastikan akan cepat selesai, karena perusahaan yang mencetak surat suara ini bisa mencetak 6000 lembar surat suara per jam.

“Kalau pencetakan tidak ada kendala. Cuma kemarin hanya soal desain saja, tapi sudah selesai. Ada LO paslon memberikan desain foto agak buram, cuma sudah kita selesaikan. Saat ini desain surat suara sudah disampaikan ke KPU RI, tinggal dilakukan validasi dan mendapat persetujuan untuk dilakukan pencetakan,” ujarnya. (ron/10)

Comment

BERITA TERBARU