KPU Bateng Temukan 1.277 Surat Suara Pilbup Rusak

  • Whatsapp

Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi

Read More

RAKYATPOS.COM, KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah menemukan sebanyak 1.277 lembar surat suara rusak. Dari angka tersebut ditemukan 1.262 surat suara rusak saat sortir dan ditemukan 15 lembar surat suara rusak saat pelipatan.

“Total surat suara rusak sebanyak 1.277 lembar yang ditemukan pada saat sortir dan pelipatan oleh petugas,” ujar Rusdi, Ketua KPU Bangka Tengah saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Senin (30/11/2020).

Rusdi menerangkan kriteria surat suara rusak antara lain hasil cetak surat suara kotor atau tidak merata; permukaan hasil cetak surat suara kabur; surat suara kusut atau mengkerut; surat suara sobek di bagian tengah atau bagian pinggir; terdapat bercak atau noda besar; logo KPU tidak jelas; dan terdapat gradasi warna atau noda warna hitam atau warna lainnya pada kolom nama, kolom foto atau kolom urut, kolom foto, atau kolom nama pasangan calon kotor.

“Teknik melipat surat suara dengan memperhatikan posisi lipatan yang tidak mengena pada nomor urut, foto dan nama pasangan calon, sehingga tidak
mengakibatkan kerusakan pada surat suara,” ungkapnya.

Ia kembali menyampaikan, surat suara yang dilipat dan disortir sebanyak 131.626 lembar. Sedangkan surat suara yang dibutuhkan berjumlah 132.582 lembar, sehingga kekurangan surat suara sebanyak 956 lembar.

“KPU telah berkoordinasi dengan penyedia surat suara di Semarang sebanyak 956 susu itu,” ungkapnya.

Rusdi menegaskan surat suara yang rusak itu dimusnahkan oleh KPU disaksikan Polres Bangka Tengah dan Bawaslu.

“Pemusnahan surat suara rusak dilakukan satu hari sebelum pemungutan suara tanggal 8 Desember 2020 di Kantor KPU Bangka Tengah,” tuturnya. (ran).

Related posts