by

KPU Bateng Simulasi Situng Formulir C1

-Bangka Tengah-131 views
Kegiatan Situng (Simulasi Hitung) scan Formulir C1 Pemilu 2019 di KPU Bateng. Tampak Marhaendra Yuliansyah, Komisioner KPU Bateng melakukan ujicoba scan C1 menggunakan empat mesin scan, Rabu (20/03/2019).(foto: tamimi).

KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Tengah melakukan Scanning Simulasi Hitung (Situng) Formulir C1 Pemilu Serentak 2019.

Scanning menggunakan empat mesin scan tersebut ujicoba sebanyak 20 persen atau 120 TPS dari 477 lebih TPS yang ada tersebar di enam kecamatan di daerah tersebut.

“Simulasi Situng ini merupakan ujicoba scan C1 sebanyak 20 persen atau 120 TPS dari total TPS yang ada di enam kecamatan di Bangka Tengah,” ujar Marhaendra Yuliansyah, Komisioner KPU Bateng, Rabu (20/03/2019).

Dikatakannya, simulasi Situng itu bertujuan mengetahui adanya kendala atau tidak dalam kegiatan scan C1 melalui mesin tersebut menjelang persiapan pencoblosan.

“Pada hari H pencoblosan, kita siapkan ruang khusus scanner C1 termasuk operator, verifikator, koordinator, dan tenaga pendukung operator. Malah Password dipegang oleh operator masing-masing,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil scan C1 itu langsung terkoneksi ke server KPU RI. Bahkan mereka langsung memantau hasilnya C1 itu yang diambil dari TPS.

“Lampiran C1 di TPS kita ambil, kemudian kita scan. Salinan C1 juga ditempel di TPS masing-masing supaya masyarakat bisa memonitor secara langsung,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU