by

KPU Bateng Perpanjang Masa Perbaikan DPT Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bangka Tengah) masih memperpanjang masa perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2019.

“Memang DPT Perbaikan sudah ditetapkan dalam rapat pleno beberapa waktu lalu, tetapi kembali kita buka masa perbaikan DPT lantaran partai politik ditingkat pusat merasa keberatan atas hasil DPT itu,” ujar Marhaendra Yuliansyah, Komisioner KPU Divisi Teknis, Perencanaan dan Data, Kamis (20/9/2018).

Ia mengungkapkan DPT Perbaikan yang sudah ditetapkan pihak KPU dalam rapat pleno beberapa waktu lalu tercatat sebanyak 120.410 orang dari 120.487 atau terjadi pengurangan sebanyak 77 data meninggal dunia dan data ganda.

“Kemungkinan akan kembali berubah setelah dilakukan perbaikan DPT pada tahap kedua selama dua bulan ke depan, tetapi tidak ditetapkan mulai tanggal berapa dan berakhir tanggal berapa yang pasti selama dua bulan ke depan,” ucapnya.

Dijelaskannya, proses DPT Perbaikan tahap kedua tentu sama dengan DPT perbaikan tahap pertama yakni meneliti dan menganalisa kembali pemilih yang masuk DPT terutama terkait data ganda tersebut.

“Dalam prosesnya tetap sama, selain melakukan verifikasi faktual secara mendalam kami juga menerima laporan masyarakat dan rekomendasi dari Bawaslu beserta partai politik,” tuturnya.

Ia menambahkan, adanya masa perpanjangan DPT perbaikan tersebut hanya untuk memastikan bahwa DPT tidak lagi menjadi sumber masalah dalam Pemilu 2019.

“Kami dari KPU tetap yakin dan percaya DPT Bangka Tengah tidak ada masalah karena sudah dilakukan penelitian yang sangat mendalam, bahkan DPT Babel termasuk terbaik nasional,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU