KPU Bateng Mulai Rakit Kotak Suara Pemilu 2019

  • Whatsapp

Memastikan tidak Ada Kotak yang Rusak

KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai merakit kotak suara Pemilu 2019.

“Kotak suara mulai kita rakit sejak kemarin hingga hari ini, hasilnya sebanyak 1.458 kotak suara yang sudah dirakit,” ujar Rusdi, Ketua KPU Bangka Tengah, kemarin.

Dikatakannya, total kotak suara yang diterima pihak KPU Bangka Tengah dari KPU RI berjumlah 2.452 unit dan ditargetkan selesai dalam beberapa hari ke depan.

“Perakitan kotak suara tersebut kami lakukan lebih awal untuk memastikan tidak ada kotak yang rusak. Jika ada yang rusak, maka masih ada waktu untuk menukarnya atau menambah jika jumlahnya kurang,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sampai sekarang terdapat kekurangan kotak suara sebanyak empat unit, dan itu sudah dilaporkan ke KPU RI untuk segera dikirim.

“Setelah kotak suara ini selesai dirakit, kami susun dengan rapi di dalam gudang dan kami pastikan aman menjelang hari pendistribusian,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya menyusun lima kotak suara arah vertikal untuk menghindari kerusakan dan dipastikan tidak ada gangguan dari tikus atau binatang lainnya yang menggerogoki.

“Saat ini, logistik Pemilu 2019 sudah kami terima adalah kotak suara, sampul dan stempel. Sementara surat suara sedang dalam proses pencetakan,” tukasnya.

Kotak Suara Dilapisi Plastik Anti Air

Sementara itu, kotak suara Pemilu 2019 ini akan dilapisi dengan plastik anti air yang strukturnya lebih tebal dari plastik biasa.

“Kotak suara itu dilapis dengan plastik bening untuk menghindari kerusakan seperti basah dan sobek saat dilakukan pendistribusian ke seluruh TPS,” ujar Rusdi.

Plastik bening itu, dijelaskannya, merupakan upaya dari KPU untuk memastikan kotak suara itu aman dari kerusakan.

Lanjutnya, tidak hanya kotak suara yang dilapis plastik, tetapi sejumlah logistik lainnya yang berada di dalam kotak seperti tinta, sampul, surat suara dan logistik lainnya.

“Kotak suara merupakan pengadaan dari KPU RI. Sementara gembok, kunci, plastik dan alat tulis, pengadaannya di KPU Bangka Tengah. Contohnya, gembok beserta anak kuncinya, itu pengadaannya dari KPU Bangka Tengah. Hanya saja spesifikasinya sudah ditentukan, maka pengadaan sesuai spesifikasi,” tandasnya. (ran/3).

Related posts