KPU Bateng Harapkan Surat Suara Diterima Pertengahan Maret

  • Whatsapp

Andai Datang April, Khawatir Keteteran

KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengharapkan surat suara Pemilu Serentak 2019 telah tiba pada pertengahan bulan Maret 2019, untuk mengantisipasi keterlambatan dalam pendistribusian ke TPS.

“KPU tentu berharap surat suara sudah bisa diterima minimal pertengahan Maret, karena masih banyak proses yang dilalui sebelum di distribusikan ke TPS,” ujar Rusdi, Ketua KPU Bateng, Rabu (07/03/2019).

Dikatakannya, surat suara yang datang ke KPU perlu dilakukan pelipatan dan penyortiran yang membutuhkan waktu lantaran ada lima jenis surat suara yang harus dilipat dan disortir yaitu surat suara DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, DPD RI dan Capres dan Cawapres.

“Seandainya surat suara datang pada awal April 2019, kami khawatir bakal keteteran dalam melakukan pendistribusian,” ucapnya.

Ia menyebutkan, total surat suara untuk Pemilu Serentak 2019 di daerah itu 122.130 lembar ditambah dua persen surat suara cadangan.

“Total bilik suara sebanyak 1.908 dan sekarang tersedia 1.898 bilik suara atau masih terjadi kekurangan 10 bilik suara, sementara jumlah TPS sebanyak 477,” ungkapnya.

Ia menambahkan, logistik pemilu yang sudah diterima pihak KPU yaitu sampul, formulir, kotak suara, bilik dan alat kelengkapan TPS.

“Saat ini, kami fokus memastikan semua logistik pemilu sudah tersedia dan tidak menemui kendala dalam pendistribusiannya ke masing-masing TPS,” tutupnya. (ran/3).

Related posts