by

KPU Bateng Buka Kelas Sosialisasi Pemilu

-Politik-237 views

KOBA – Setelah sukses meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Tengah membuat program kelas pemilu bagi masyarakat umum untuk mensosialisasikan pemilu kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Bateng, Suryansyah saat dikonfirmasi Rakyat Pos, kemarin.

Dikatakannya, kelas pemilu tersebut untuk mendidik masyarakat sesuai dengan jenjangnya dalam rangka mencari bibit unggul sebagai perwakilan KPU di tengah masyarakat.

“Ada 3 kelas pemilu yang direncanakan terkait apa saja tentang pemilu. Mereka inilah nantinya dilibatkan sebagai perwakilan ke masyarakat untuk menyebarkan informasi tentang Pemilu,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, kelas pemilu ini merupakan upaya KPU Bateng dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih. Minimal lanjutnya, dengan adanya perwakilan KPU melalui masyarakat yang telah dididik dapat membantu mensosialisasikannya.

“Mudah-mudahan, petugas KPU yang tidak mampu menyampaikan tentang kepemiluan bisa disampaikan oleh masyarakat melalui kelas pemilu ini,” terangnya.

Ia menambahkan terkait angka partisipasi pemilih yang belum pernah tercapai target sebesar 75 persen, pihaknya mengakuinya. Menurutnya, beragam upaya sudah dilakukan oleh KPU untuk meraih target yang ditentukan KPU Pusat itu.

“Makanya, kita perlu peran dari Parpol, Caleg, Pemerintah, Pemuda, Ormas. Mari kita ikut berpartisipasi meningkatkan jumlah partisipasi pemilih. Untuk diketahui, sebelumnya angka partisipasi di Bangka Tengah pada Pilgub 2016 sebesar 62 persen. Sedangkan Pilbup 2015 sebesar 68 persen. Tetapi secara kualitas, pelaksanaan pemilu tercapai yakni pemilu aman, sukses dan damai,” pungkasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU