by

KPU Basel Buka Posko GMHP di JPI

Sejumlah Petugas KPU Bangka Selatan sedang memberikan layanan Mobile Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di Posko Layanan Mobile Gerakan Melindungi Hak Pilih yang berada di Kawasan Sport Center Toboali, Selasa (9/10/2018).(foto: dedi).

TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berpartisipasi pada acara Jambore Pemuda Indonesia dengan membuka Posko Layanan Mobile Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di Kawasan Sport Center Toboali, Selasa (9/10/2018).

Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Rahmad Nadi mengungkapkan Posko GMHP KPU Basel ini, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Basel untuk berkonsultasi mengenai data pemilih pada Pemilu dan Pilpres 2019 cukup dengan menunjukan KTP El.

Ini merupakan salah satu upaya KPU dalam menyempurnakan elemen data pemilih serta mensosialisasikan daftar pemilih.

“Kita berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengetahui apakah mereka sudah terdaftar atau belum di Pemilu 2019 ini, silahkan datang bawa KTP El, nanti petugas kita akan mengecek apakah sudah terdaftar atau belum dalam DPT. Selain itu, masyarakat juga dapat bertanya tentang Pemilu, petugas kita yang stand by di sana akan siap memberikan jawaban seluas-luasnya berkaitan dengan pendaftaran pemilih, kita berupaya melindungi hak pilih masyarakat,” kata Rahmad Nadi.

Di sisi lain, Rahmad mengungkapkan GMHP ini merupakan instruksi KPU RI melalui surat edaran No 1099PL021_SD/01/KPU/IX/2018 tentang Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP).

Ia menambahkan, jika memang masyarakat yang mengecek daftar pemilih belum terdaftar di DPT, maka petugas KPU akan langsung memasukannya kedalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengecek apakah data yang tertera dalam DPT sudah benar atau masih ada elemen yang salah. Jika terdapat kesalahan maka petugas KPU akan langsung memperbaikinya.

“Posko KPU di JPI akan dibuka selama dua hari kedepan, ayo silahkan masyarakat yang hendak menanyakan apakah sudah terdaftar atau belum, masyarakat sambil menikmati pagelaran JPI dapat mampir ke Posko GMHP KPU Basel,” harap Rahmad. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU