by

KPU Bangka Temukan Surat Suara Rusak

-Politik-367 views
Petugas melipat surat suara untuk Pilkada Bangka 2018 di Gedung Serba Guna KPU Bangka, Selasa (29/5/2018). Sebanyak 68 orang dilibatkan dalam pelipatan surat suara ini dengan upah Rp200 per lembar.( foto: Cep Susanti)

68 Orang Lipat Surat Suara

SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka mengerahkan 68 orang untuk melakukan pelipatan surat suara untuk Pilkada Bangka. Pelipatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna KPU Bangka, Selasa (29/5/2018).

Komisioner Divisi Logistik KPU Bangka Imam Supiar mengatakan proses perekrutan petugas pelipatan surat suara sudah dilaksanakan beberapa hari lalu. Salah satu syarat yang ditentukan adalah tidak tergabung di partai politik, tim kampanye atau tim sukses calon bupati.

“Petugas ini akan bertugas melipat surat suara yang ada di 34 kotak. Petugas pelipatan ini sebelumnya sudah mengisi formulir tidak tergabung dalam satu parpol atau tidak menjadi bagian dari tim kampanye atau tim pasangan calon,”kata Imam.

Sebelum masuk ruangan, kata Imam, para pekerja ini diproteksi agar jangan sampai pada saat masuk kedalam ruangan membawa hal-hal yang bisa membuat tanda,misalnya membawa tinta, pulpen ataupun apa yang bisa membuat tanda di surat suara.

“Jadi mereka sebelum masuk sudah diperiksa, dalam hal ini kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian yakni Polres Bangka untuk melakukan pemeriksaan pada saat mereka masuk dan keluar,” jelas Imam.

Menurut Imam, jika terbukti ada pekerja membawa keluar dengan sengaja kertas suara maka pihaknya akan memberikan sanksi.

“Diawal sudah kita briefing sudah disampaikan, kita merekrut mereka ini orang orang yang benar benar kita tau,artinya sudah kita jamin mereka orang orang yang pernah bekerja dan tau proses pelipatan, jadi kita lebih yakin, mereka orang orang yang sudah kita percaya,” katanya.

Untuk upah petugas pelipatan suara, kata Imam sesuai dengan ketentuan KPU sebesar Rp200 per lembarnya dipotong pajak. Petugas ini, lanjut dia, akan bekerja selama tiga hari dan rata rata per orang bisa melipat sebanyak 3000 lembar.

“Mereka ini bekerja dari jam 08.00 WIB sampai jam 12 siang dan lanjut jam 13.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB, rata-rata nantinya mereka akan mendapatkan upah sekitar Rp600 ribu perorangnya,” ujarnya.

Imam menambahkan untuk hari pertama pelipatan surat suara sudah ditemukan beberapa lembar kertas suara dalam kondisi rusak.

“Sudah ditemukan beberapa lembar kertas suara yang rusak karena tinta, seperti ada tanda titik tinta di foto atau nomor serta blur atau warna kurang terang dan itu sudah kami singkirkan,” pungkasnya.(snt/10)

Comment

BERITA TERBARU