by

KPU Bangka Teliti Berkas Pelamar PPK

PNS Diperkenankan Ikut

SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka melakukan penelitian 62 berkas pendaftar yang ikut seleksi penerimaan Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2019 .

” Untuk Pemilu serentak 2019 selain PPK kita juga menerima PPS. Untuk PPK, sejak dibuka pada 10 hingga 24 Januari lalu, jumlah pendaftar 62 orang. Saat ini berkasnya masih diteliti lebih lanjut. Selain itu KPU juga bersiap untuk melakukan penerimaan petugas PPS pada bulan Februari mendatang.
” kata Ketua KPU Bangka Zulkarnain, kemarin (29/1/2018).

Dijelaskan Zulkarnain, dari 62 pendaftar nantinya akan dipilih sebanyak 48 orang yang akan bertugas di 8 kecamatan. Yakni 5 orang ditugaskan untuk Pilkada 2018, sedangkan untuk Pemilu 2019 nanti setiap kecamatan ditugaskan 6 orang.

“Jika ditemukan sebagai pengurus atau anggota partai, maka langsung digugurkan. Tidak diperbolehkan, begitu ada kita akan panggil dan cek untuk klarifikasi. Kalau memang betul dia anggota maupun pengurus kita akan berhentikan, kalau PNS boleh,” ujarnya.

Menurutnya, pendaftaran PPS yang diselenggarakan 12 hingga 18 Pebruari 2018, dan untuk pelantikannya PPK dan PPS digelar serentak setelah terpilih anggota PPS 2019.

” Sampai saat ini kami belum menemukan kendala. Sekarang pun sedang berjalan pendataan pencocokan dan penelitian data pemilih pemilu. Masyarakat diminta menyampaikan bila ada perubahan data pemilu terutama bagi warga yang berupa status dari sipil menjadi anggota TNI maupun Polri. Untuk evaluasi akan dilakukan18 Februari 2018,” tukasnya (2nd/7)

Comment

BERITA TERBARU