KPU Bangka Masih Tunggu Pleno Kecamatan

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – KPU Kabupaten Bangka, hingga saat ini, masih menunggu Pleno Kecamatan Sungailiat untuk melakukan pleno di tingkat Kabupaten.

Hingga saat ini, Kabupaten Bangka sendiri masih melakukan proses pleno tingkat kecamatan, dimana baru kecamatan Bakam, Pemali, Puding Besar dan Merawang saja yang selesai.

Demikian dikatakan Ketua KPU Bangka, M Hasan, kemarin (23/4/2019). Menurut dia, Pleno tingkat kecamatan dijadwalkan dari tanggal 18 April 2019 sampai 4 Mei 2019.

“Sudah ada beberapa kecamatan yang selesai, kita tinggal menunggu kecamatan Sungailiat, karena memang jumlah TPSnya banyak jadi memakan waktu,” ungkapnya.

Pihaknya sendiri merencanakan akan melakukan pleno tingkat Kabupaten pada tanggal 1 Mei 2019. Namun jadwal tersebut dapat berubah tergantung dari pleno tingkat kecamatan terlebih dulu.

“Rencananya memang tanggal 1 Mei nanti, tapi kita lihat lagi, jika kecamatan Sungailiat belum selesai kita mundurkan lagi. Jadwal pleno Kabupaten sendiri sampai tanggal 9 Mei 2019 nanti,” terangnya.

Untuk tempat plenonya sendiri akan dilaksanakan di halaman Kantor KPU Bangka dengan menggunakan tenda sehingga bisa menampung tamu.

“Kita akan adakan di halaman depan kantor kita sendiri sperti 2014 kemarin, nantikan ada dari partai dan tamu lainnya. Mungkin kendala kita nanti parkir kendaraan saja,” tambah Hasan.

Beberapa TPS Hitung Ulang

Saat pelaksanaan pleno tingkat kecamatan, beberapa TPS dilakukan penghitungan ulang secara manual. Hal tersebut dilakukan karena adanya perbedaan hasil C1 dengan saksi maupun pengawas.

“Ada beberapa TPS yang kita rekomendasikan ke KPU untuk hitung ulang dan dibuka bersamaan saat pleno,” ungkap ketua Bawaslu Bangka, Corri Ihsan.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan untuk menyakinkan para caleg karena merasa dirugikan. “Disini ada kekhawatiran dari caleg, karena data C1 dengan para saksi berbeda, jadi kita rekom untuk hitung ulang agar semuanya jelas,” imbuhnya.(mg419).

Related posts