by

KPU Bangka Lantik 24 PPK dan 243 PPS

-Bangka, Politik-298 views


SUNGAILIAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung melantik 24 Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan 243 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel ST 12 Tunghin, Sungailiat, Jum’at (9/3/2018) kemarin.

Pelantikan anggota PPK dan PPS tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Bangka, Zulkarnain. Usai pelantikan, Zulkarnain mengaku banyak wajah baru yang menjadi anggota PPK dan PPS daerah ini.

“Wajar pelantikan ini diisi wajar baru karena sesuai peraturan yang ada, usia minimal 17 tahun sudah bisa mengikuti seleksi, beda dengan sebelumnya, minimal usia 25 tahun,”kata Zulkarnain.

Namun Zulkarnain mengaku saat perekrutan untuk anggota PPS, pihaknya mengalami kesulitan untuk merekrut anggota PPS di daerah ini.

Ia menduga kesulitan perekrutan anggota PPS didaerah ini disebabkan oleh faktor ketakutan peserta yang mana akan menjalani dua tugas berat yakni Pilkada dan Pileg atau Pilpres. “Karena ini dianggap tugas yang berat sehingga peminat PPS ini sedikit,”katanya.

Tapi menurut dia, tugas PPS daerah ini lebih ringan dibandingkan dengan tugas PPK. Karena untuk Pemilu 2019 mendatang, anggota PPS tidak perlu melakukan pemuktahiran data mengingat data yang digunakan data dari Pilkada tahun 2018. “Sementara PPK mengalami pengurangan jumlah anggota dari lima orang menjadi tiga orang,”katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangka Rustamsyah meminta kepada para petugas yang dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka dapat berjalan tertib dan lancar.

Pemkab Bangka, kata dia, akan membantu untuk kelancaraan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka. Menurut dia, para petugas PPK maupun PPS di desa dapat meminta bantuan kepala desa untuk menggunakan sarana dan prasarana yang ada di kantor desa, guna kelancaraan tugas dalam pelaksanaan Pemilu.

Diharapkannya PPK dan PPS dapat melaksanakan tugas dengan jujur dan adil sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 di kabupaten Bangka dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pelantikan dan pengambilan sumpah PPS dan PPK juga disaksikan Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka, Komisioner KPU Kabupaten Bangka, kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka dan Camat se-Kabupaten Bangka. (2nd/Rus/Humas/10)

Comment

BERITA TERBARU