KPU Bangka Ajak Pelajar Gunakan Hak Pilih

  • Whatsapp
Sosialisasi yang dilaksanakan KPU Bangka melalui program Goes To School di SMAN 1 Puding Besar, Rabu (6/2/2019). (foto: Zuesty Novianty)

PUDING BESAR – Jelang pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April, KPU Kabupaten Bangka terus melakukan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat tak terkecuali kepada para pemilih pemula. Seperti pada Rabu (6/2/2019), melalui programnya “Goes To School” KPU Bangka melakukan sosialisasi di SMAN 1 Puding Besar.

Sekitar 100 siswa berkumpul di ruang serba guna SMAN 1 Puding Besar untuk mendengarkan materi tentang kepemiluan yang disampaikan oleh Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Hartati. Para siswa tampak antusias dengan materi yang disampaikan.

Materi kepemiluan yang disampaikan berupa pentingnya arti pemilu bagi pemilih pemula, tanggal dan waktu pemungutan suara, partai politik dan peserta pemilu serta jenis dan warna surat suara. “Kami mengajak adik-adik pelajar bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 serta bisa membantu KPU menyampaikan informasi pemilu ini kepada keluarganya,” ujar Hartati.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan simulasi kegiatan pencoblosan suara pada hari H. Siswa-siswi didaulat menjadi petugas KPPS, saksi dan pemilih. Tujuannya agar para siswa ini mendapat gambaran suasana hari pemungutan suara nanti.

Sementara itu, siswi kelas XII IPA 1, Aprilia menyampaikan rasa senangnya mengikuti kegiatan KPU Bangka Goes To School karena mendapatkan pengetahuan tentang kepemiluan. Menurutnya Pemilu 2019 mendatang adalah untuk kali pertama ia akan menggunakan hak pilihnya.

“Saya berusia 17 tahun dan bagi saya pemilu ini adalah pemilu pertama. Senang karena mendapat ilmu yang bermanfaat. Saya mengimbau agar kita semua menjadi pemilih yang cerdas, yang menggunakan hak pilih bukan karena dipengaruhi orang lain. Pilihlah pemimpin anda dengan mengusung azas luber jurdil,” ujar dia. (2nd/10)

Related posts