KPP Pratama Bangka Gelar Farewell Tax Amnesty

  • Whatsapp

Melalui Metode Door To Door di Koba

KOBA – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bangka bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Rabu kemarin (22/3/2017) menyelenggarakan kegiatan Farewell Tax Amnesty Melalui Metode Door To Door melibatkan aparat Kecamatan Koba dan Unit Pelayanan Terpadu Kecamatan Koba.
Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangka Tengah, Yufendi, dilanjutkan sosialisasi kepada Wajib Pajak (WP) yang berada di sekitar Jalan Raya Pos Koba dan Pasar Koba.
Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Bangka, Maria Ulfah dalam rilisnya ke Redaksi Rakyat Pos mengatakan, kegiatan Farewell Tax Amnesty Melalui Metode Door To Door ini bertujuan untuk mengingatkan kepada para WP untuk segera berpartisipasi dalam program Tax Amnesty karena akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2017.
Disamping itu, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka pemutakhiran data WP khususnya yang berada di kawasan Jalan Raya Pos Koba, Pasar Koba dan sekitarnya.
Dalam acara pembukaan, Kepala KPP Pratama Bangka juga menginformasikan mengenai kinerja penerimaan pajak tahun 2016. Yaitu penerimaan pajak mencapai 71% dari target sebesar Rp1,1 T, penerimaan pajak dari program Tax Amnesty sebesar Rp66 M, dan Bangka Tengah berkontribusi sebesar 40%.
Pencapaian penerimaan pajak yang tidak sesuai target menurutnya telah berdampak pada pemotongan APBD Kabupaten Bangka Tengah tahun lalu. Oleh karena itu, Kepala KPP Pratama Bangka meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam upaya DJP mengumpulkan penerimaan pajak.
Kepala KPP Pratama Bangka bahkan menegaskan dengan mengikuti program Tax Amnesty maka Wajib Pajak akan memperoleh banyak fasilitas, yaitu hanya membayar uang tebusan dengan tarif relatif rendah, tidak akan dilakukan pemeriksaan, tidak akan dilakukan penyidikan, serta sanksi administrasi perpajakan tahun 2015 dan sebelumnya dapat dihapuskan.
Menanggapi itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bangka Tengah meminta agar setiap sosialisasi kepada para Wajib Pajak terutama di Bangka Tengah agar dapat dilakukan sedini mungkin untuk memberikan hasil yang maksimal bagi pemerintah nantinya. Ia berjanji terus mendukung upaya KPP Pratama Bangka dalam mengumpulkan penerimaan pajak agar pembangunan di Bangka Tengah dapat terus dilakukan secara berkesinambungan.
Acara pembukaan kegiatan Farewell Tax Amnesty itu ditutup dengan pemberian plakat dari Kepala KPP Pratama Bangka kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan foto bersama. Sedangkan pegawai KPP Pratama Bangka melakukan sosialisasi program Tax Amnesty dengan memberikan leaflet, mengingatkan batas waktu penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi dan melakukan pemutakhiran data Wajib Pajak. (rls/1)

Related posts