by

KPP Pratama Bangka Door to Door ke Pasar

Petugas Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangka beserta Kantor Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan sedang melakukan kegiatan Door to Door kepada para pedagang di Pasar Toboali, Bangka Selatan, mengenai turunnya tarif pajak menjadi 0,5% dari omzet bagi Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.(foto: dedi).

Edukasi Turunnya Tarif Pajak

TOBOALI – Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Bangka beserta Kantor Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Toboali Rabu (11/7/2018) melakukan kegiatan Door to Door kepada para pedagang di Pasar Toboali, Bangka Selatan.

Selain wilayah Bangka Selatan, KPP Pratama Bangka juga melakukan kegiatan serupa di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Bangka Barat. Kegiatan yang dilakukan secara serentak oleh seluruh kantor pajak se-pulau Sumatera ini dilakukan untuk memperbarui profil Wajib Pajak dalam database perpajakan.

Kegiatan ini juga sekaligus memberikan edukasi terkait Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 mengenai turunnya tarif pajak menjadi 0,5% dari omzet bagi Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (WP UMKM).

Dengan melibatkan 9 orang pegawai yang dibentuk menjadi 4 tim, pegawai yang bertugas langsung menyebar ke setiap toko yang ada di pasar.

Selain mengisi data pribadi dan perpajakan dari para pedagang, tim yang bertugas juga memberikan leaflet berisi informasi tarif pajak 0,5% dan tata cara pembayaran pajak melalui ATM yang dapat memudahkan Wajib Pajak dalam membayar pajak.

Kepala KP2KP Toboali Erwin Siahaan, yang turut melakukan Door to Door berbincang banyak dengan para pedagang.

Erwin menjelaskan kepada para pedagang agar tidak perlu takut didatangi orang pajak, dikarenakan kedatangannya hanya untuk mendata dan mendengarkan keluhan yang dialami terkait perpajakan sekaligus mengedukasi pedagang dalam melakukan pembayaran pajak. Sebagian besar pedagang di pasar tersebut mengaku senang dan antuasias terkait turunnya tarif pajak UMKM.

Dikarenakan penghasilan yang diterima setiap bulan tidak menentu, sehingga dengan turunnya tarif pajak akan memberikan keuntungan bagi para pedagang dan penghasilan yang diterima dapat digunakan untuk keperluan lain. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU