KPN 2017, Ajang Promosi Wisata & Perkuat NKRI

TOBOALI – Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menjadi tuan rumah titik singgah ke-13 Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Pembukaan KPN yang diikuti sebanyak 36 pemuda ini terdiri dari 34 pemuda dari 34 provinsi dan 2 OKP, dilaksanakan di Lapangan Laut Nek Aji Toboali, Jum’at (10/11/2017).

Bupati Basel Justiar Noer menyebutkan, KPN 2017 ini, bukan hanya napak tilas kebhinekaan saja, tetapi lebih mengedepankan rasa dan semangat nasionalisme.

“Kami berharap program KPN ini, dapat menjadi ajang promosi pariwisata lokal, mendorong potensi daerah dan mampu memunculkan ikon-ikon pemuda kreatif yang bisa menginspirasi Indonesia khususnya daerah yang telah dikunjungi dengan karya-karyanya,” ungkap Justiar.

Sementara itu, Asisten Deputi Peningkatan Iptek dan Imtak Pemuda Kemenpora RI, Esa Sukma Wijaya mengungkapkan, KPN 2017 ini adalah kegiatan lanjutan dari Kirab Remaja yang pernah digelar beberapa tahun lalu yang bertujuan untuk mengenalkan wisata, budaya, pemuda, potensi serta kekayaan alam di Indonesia dengan cara melakukan kirab.

“Karena ini kegiatan pertama, sehingga masih banyak yang harus dievaluasi, tetapi tujuan mulianya adalah bagaimana para pemuda terbaik yang telah kita seleksi ini dapat mengenal kekayaan Indonesia, sehingga tumbuh rasa nasionalismenya,” jelas Esa.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 ini dibagi dalam dua zona yaitu zona I dan zona II. Sementara KPN 2017 yang singgah di Bangka Selatan masuk ke dalam zona I yang merupakan titik singgah ke-13.

“Para pemuda ini nantinya akan bertemu di Blitar pada acara puncak tepatnya 5 Desember mendatang. Dengan kegiatan ini para pemuda akan mengenal Indonesia dengan kekayaan alam dan potensinya, berinteraksi dengan penjabat, masyarakat serta pemuda sehingga timbul kesadaran nasionalisme, kebhinekaan serta NKRI,” imbuh Esa. (raw/3)

No Response

Leave a reply "KPN 2017, Ajang Promosi Wisata & Perkuat NKRI"