Kpedes Serdang Sediakan Mobil Antar Jemput Anak Sekolah

  • Whatsapp
Kendaraan minibus yang disiapkan Kpedes Serdang (foto: Dedy Irawan) 

TOBOALI – Komunitas Pelajar Desa Serdang (Kpedes), Kabupaten Bangka Selatan menyediakan minibus untuk memfasilitasi antar jemput pelajar Desa Serdang ke SMP Negeri 4 Toboali, yang berada di Desa Jeriji. Penyediaan kendaraan ini terkait penerapan sistem zonasi sekolah pada penerimaan siswa baru tahun ini.

Ketua Kpedes, Karto mengungkapkan bahwa disiapkannya kendaraan minibus merupakan solusi bersama antar anggota komunitas dan orangtua siswa.

“Sebenarnya tanpa zonasipun SMP Negeri 4 Toboali selalu menjadi tujuan utama orangtua siswa untuk menyekolahkan anaknya. Namun, selama ini mereka memilih untuk menyekolahkan di SMP Negeri 5 Airgegas karena telah difasilitasi angkutan umum berupa bus sekolah untuk antar jemput siswa menuju ke Bencah, sementara anak-anak yang ke SMP  4 Toboali mengandalkan motor pribadi atau diantar jemput orangtua. Mungkin jarak Jeriji ke Serdang tidak sejauh ke Bencah,” ucap Karto Minggu (14/7/2019)

Mengandalkan hasil kesepakatan bersama dengan orangtua siswa terkait operasionalnya, fasilitas kendaraan tersebut diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan pelajar di Desa Serdang.

“Semoga dengan adanya fasilitas seadanya ini mampu mengurangi anak-anak SMP bawa motor ke sekolah, mengurangi hasrat siswa untuk membolos dan kebut-kebutan di jalan, serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas tentunya. Kalaupun ada tindak lanjut dari instansi terkait, ya Alhamdulillah. Kalaupun tidak, kami tetap mengupayakan hal-hal seperti ini,”tambah Karto.

Sementara itu, ditemui secara terpisah, Yadi salah satu orangtua siswa mengungkapkan rasa syukur adanya fasilitas antar jemput siswa tersebut.

” Ya mas (wartawan-red), Alhamdulillah, paling tidak mengurangi rasa was-was kami sebagai orangtua, kalau anak saya naik motor, mau kerja dak konsen, takut kenapa-kenapa. Ditambah lagi kendaraan kami cuma satu-satunya ini, siang kami kerja di kebun, mas. Lumayan jauh, ” keluh Yadi.

Kepala Desa Serdang, Apendi pun mengapresiasi inisiatif komunitas pelajar desa yang menyediakan minibus untuk sarana angkutan bagi siswa.

“Diawal pembentukan komunitas ini, tahun 2017 itu memang fungsi utamanya adalah memfasilitasi setiap pelajar di Desa Serdang, yah ini salah satunya. Kami sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan komunitas selama ini, semoga selalu memberikan manfaat  kedepannya,” tutup Apendi. (raw)

Related posts