Kondisi Pasien Suspect Corona di RSUD Pangkalpinang Terus Membaik

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Kondisi satu pasien suspect corona atau covid-19 yang dirawat di RSUD Depati Hamzah, Kota Pangkalpinang terus membaik. Diketahui pasien tersebut sebelum dirawat di ruang isolasi RSUD memiliki riwayat kontak dengan warga negara Italia.

Read More

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) kepada wartawan, Senin (16/3/2020) menyebutkan kondisi terbaru pasien itu terus membaik dari hari sebelumnya. Dia meyakini si pasien tidak tertular virus covid-19.

“Sampai hari ini (Senin-red) perkembangannya membaik, tidak sampai sesak nafas sebagainya, mudah-mudahan negatif. Jadi semua di Bangka ini jika ada indikasi dibawa ke rumah sakit kita. Alhamdulillah sampai hari ini masih CnC (Clean and Clear),” kata Molen.

Dia menambahkan, sebelumnya ada tiga pasien terduga corona yang dirawat di RSUD, namun dua pasien dinyatakan negatif dan satu pasien masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

“Ada tiga. Dua negatif. Saya sampaikan apa adanya. Jadi kita sudah tiga yang dalam pengawasan di rumah sakit. Alhamdulillah yang negatif sudah keluar, satunya yang baru masuk dua hari ini,” kata Molen.

Minta Masyarakat Jangan Panik

Sementara itu, Direktur RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Dokter Muhammad Fauzan mengatakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi berjenis kelamin laki-laki. Awalnya, kata dia, pasien ada kontak dengan pimpinan perusahaan tempatnya bekerja yang baru pulang dari Italia.

“Pimpinan perusahaannya baru pulang dari Italia. Dia takut setelah kontak dengan bosnya ini merasa mempunyai gejala seperti covid 19. Makanya dia datang ke Siloam dan dirujuk ke RSUD Depati Hamzah. Sudah kita cek semua, hari ini dikirim ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Kemungkinan hari Rabu atau Kamis mendatang sudah ada hasilnya. Nanti akan kami sampaikan hasilnya ke media,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Fauzan mengimbau masyarakat di daerah itu tidak panik, karena sejauh ini belum ada masyarakat yang positif terjangkit atau terkena virus corona.

“Tapi tetap waspada serta menjaga kebersihan, jangan pernah menyentuh area muka setelah bersalaman dengan seseorang. Yang terpenting selalu cuci tangan jika merasa tangan kita tidak bersih,”imbuhnya.

Selain itu, Fauzan meminta masyarakat untuk tetap cerdas dalam menyaring berita serta membagikan berita terkait corona dari media manapun.

“Carilah sumber yang berhak berbicara seperti kadinkes atau langsung ke saya pribadi sebagai direktur RSUD Depati Hamzah.Intinya kan ini baru suspect belum positif, jadi jangan langsung heboh dan jangan panik,” tegasnya. (bum)

JustForex

Related posts