Komisi III DPRD ‘Geruduk’ ICDX

  • Whatsapp

Pertanyakan Kontribusi untuk Babel

JAKARTA – Guna meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan mempertanyakan kepedulian terhadap daerah, Senin hari ini (20/11/2017) Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana “menggeruduk” kantor ICDX (Indonesia Commodity and Derivative Exchange). Pertemuan Komisi III dengan perwakilan ICDX dijadwalkan sekira pukul 09.00 WIB guna mempertanyakan peran dan kontribusi perusahaan itu bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).
Ketua Komisi III DPRD Babel Tony Purnama kepada Rakyat Pos, Minggu (19/11/2017) menyatakan, selaku daerah penghasil timah, Babel selayaknya mendapatkan keuntungan besar dari bursa timah yang berada di ICDX. Keuntungan itu nantinya diharapkan masuk ke kas daerah.
“Pertemuan kita dengan ICDX untuk mempertanyakan kontribusi bagi Provinsi Bangka Belitung. ICDX selaku bursa pertimahan, harusnya menjadikan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Bangka Belitung menjadi anak angkat,” ungkap Tony.
Politisi PPP (Partai Persatuan Pembangunan) itu melanjutkan, peran BUMD Babel bisa untuk resi gudang. Selain itu, Komisi III juga akan mempertanyakan janji ICDX untuk membuat kantor perwakilan di Bangka Belitung.
“Dari sisi gudang harusnya bisa memberi manfaat dengan menyerahkannya kepada BUMD Bangka Belitung. Kita juga mempertanyakan ke mereka (ICDX) soal janji mereka ada kantor perwakilan di Bangka Belitung. Jadi, jangan lagi ekslusif tapi inklusif,” imbuhnya.
Apalagi lanjut Tony, dengan wacana holdingnya PT Timah bukan lagi Persero, Komisi III akan mengawal proses tersebut guna mengimbangi percepatan yang diusung oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman.
“Kita ketahui Pak Gubernur mau cepat. Jadi, ada peran besar yang bisa diberikan ICDX untuk peningkatan PAD Bangka Belitung,” tukasnya. (ron/1)

Related posts