Komisi I Miris Lihat Rumah Beralas Tanah

No comment 75 views


Sumbang Bantuan Rehab Rumah

PANGKALPINANG – Puluhan tahun, warga Jebu Laut menempati rumah tak layak huni. Hanya beratap terpal, beralas tanah, bertembok papan pria lanjut usia itu menikmati kesehariannya. Tak ada ruang tamu, kamar atau dapur, yang hanya ada pohon pisang.
Melihat hal itu, rombongan komisi I DPRD Babel miris teramat sangat. Bahkan beberapa anggota dan ketua menyisihkan sebagian harta mereka untuk diberikan kepada masyarakat Bangka Barat itu.
Ketua Komisi I DPRD Babel Adet Mastur menyampaikan, fakta tersebut setelah mendapat laporan masyarakat. Sebelumnya, situasi rumah tak layak huni itu sempat viral di media sosial.
“Jangan sampai kita wakil rakyat yang disalahkan, seolah tidak peduli, tidak melihat kondisi masyarakat. Padahal ini bisa dibantu pemerintah daerah agar mendapat bantuan rehab rumah,” ungkapnya.
Adet menilai, membantu masyarakat ini bisa menggunakan dana dari APBDes, pos sosial, seolah dia beli tanah. Dana provinsi satam mas juga katanya bisa di prioritaskan untuk ini. “Tinggal cari lokasinya. Kita prioritaskan masalah ini. Kami perlu data, biar bisa panggil dinas sosial, perhatikan yang seperti ini,” tukasnya.
Sementara empunya rumah mengakui, lahan rumah itu merupakan pinjaman dari warga. Mirisnya lagi, puluhan tahun mereka tanpa identitas karena untuk membuat KTP butuh dana besar.
“Belum ada KTP, lahan ini juga punya orang pak. Untuk makan juga susah, KTP mau pakai uang buatnya,” akunya.
Sementara, itu, wakil ketua Komisi I Bong Ming-Ming mengaku, kondisi rumah penduduk yang tak layak huni itu samgat memprihatinkan. Untuk itu, perlu koordinasi mulai dari kades, camat hingga garis lurus ke provinsi. “Semoga koordinasi ini bisa menciptakan langkah konkrit dalam menyelesaikan persoalan, dengan mensinergikan program yang ada di desa dengan Pemerintah Provinsi Babel,” tukasnya.
Diakui Kades Kelabat Roni, kendala ada di permasalahan lahan. Karena banyak lahan disekitara tersebut, bukan milik empunya rumah. “Karena tidak mencukupi untuk desa kita, akan gunakan dana APBN,” katanya didampingi Camat Parit Tiga. (ron/6)

Print Friendly
No Response

Leave a reply "Komisi I Miris Lihat Rumah Beralas Tanah"