by

Komisi I Dorong Disdukcapil Catat Akta Lahir secara Online

Komisi I DPRD Bangka Selatan saat melakukan konsultasi ke Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, akhir pekan kemarin. (foto: ist).

Lakukan Konsultasi ke Dit Dukcapil Kemendagri

TOBOALI – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Selatan yang merupakan mitra kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan konsultasi ke Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dit Dukcapil Kemendagri) RI.

Konsultasi ini dilakukan guna menindaklanjuti cakupan percepatan pelayanan akta kelahiran untuk masyarakat Bangka Selatan seperti yang diamanatkan oleh Permendagri No 9 tahun 2016.

Selain itu, untuk mempelajari kemungkinan implementasi Pasal 6 Permendagri No 9 tahun 2016 tersebut, khususnya point b untuk diterapkan di Kabupaten Bangka Selatan, yaitu tata cara pencatatan akta kelahiran dengan cara online. Demikian dikatakan Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir Minggu (10/2/2019).

Menurutnya, jika pencatatan akta kelahiran secara online ini, dapat dilakukan di Bangka Selatan, tentunya ini akan mempermudah masyarakat untuk membuat akta kelahiran tanpa perlu datang lagi ke Ibukota Kabupaten yang jaraknya cukup jauh dari desa dan kecamatan terluar yang mencapai 140 km.

Hal ini juga, lanjut dia, diperkuat dengan adanya Permendagri No 118 tahun 2017 tentang blangko Kartu Keluarga, Register dan kutipan akta sipil pasal 23 ayat (2) kutipan akta kelahiran daring merupakan akta kelahiran sebagai hasil pelayanan pengurusan akta kelahiran yang terhubung dalam jaringan dan dilakukan oleh pemohon dengan mengisi aplikasi secara elektronik.

Untuk itu, Komisi I DPRD Bangka Selatan berharap Dukcapil Basel dapat memperluas cakupan percepatan pencatatan akta kelahiran.

Disamping itu, Samsir mengatakan, Komisi I mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Selatan agar membuka peluang masyarakat untuk bisa melakukan pencatatan akta kelahiran secara online sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke pusat Ibukota Kabupaten.

“Kita melakukan konsultasi ke Dit Dukcapil mempertanyakan percepatan pelayanan Akta Kelahiran online. Kita mendorong Dukcapil Basel dapat mempercepat serta membuka peluang Akta Kelahiran online di Basel, sehingga mempermudah masyarakat yang jauh, jadi cukup dilakukan di desa masing-masing yang proses pencatatannya dilakukan oleh aparatur desa,” pungkas Samsir. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU