Kolam Renang di Beluluk Masih Tahap Pemeliharaan

  • Whatsapp

KOBA – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Zainal mengungkapkan proyek pembangunan kolam renang di Desa Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru yang menyedot dana sekitar Rp45 miliar masih dalam tahap pemeliharaan.

“Kolam renang itu sudah dipakai untuk venue olahraga renang dalam ajang Porprov lalu dan pembangunannya secara bertahap. Untuk tahap sekarang ini sudah dalam tahap selesai, tetapi masih dalam pemeliharaan,” ujarnya saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Selasa (15/01/2019).

Dikatakannya, soal adanya temuan keretakan pada bagian bangunan fisik tentu menjadi tanggung jawab kontraktor lantaran masih dalam tahap pemeliharaan.

“Dalam masa pemiliharaan itu selama 180 hari dan masih ada jaminan lima persen yang kami pegang dengan nilai sekitar Rp1,145 miliar,” ungkapnya.

Diungkapkannya, bila proyek sudah menyatakan selesai, maka nanti ada pemeriksaan dari BPK untuk melakukan pengecekan terhadap pembangunan fisik dan administrasi.

“Bila sudah ada hasil pemeriksaan dari BPK dan sudah dilakukan pengecekan langsung ke lapangan setelah proyek itu dinyatakan benar-benar selesai dan dilakukan serah terima,” tuturnya.

Ia menambahkan, jika pengerjaan tidak selesai sampai batas waktu di dalam kontrak, maka bisa dilakukan perpanjangan waktu pengerjaan maksimal 50 hari.

“Perpres terbaru sekarang ini pengerjaan bisa diperpanjang selama 50 hari. Tentu dengan beberapa ketentuan dan persyaratan untuk bisa dilakukan perpanjangan. Bila sudah sampai 50 hari belum juga selesai, maka dikenakan finalti,” tukasnya. (ran/3).

Related posts