Kodim Belitung Giatkan Army Goes To School

No comment 325 views

Pasi Ter Kapten Inf Rudi Triyuwono mewakili Dandim 0414/Belitung saat giat Army Goes To School di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tanjungpandan, Senin (22/1/2018). (Foto: Istimwa)

TANJUNGPANDAN – Kodim 0414/Belitung sedang gencar-gencarnya melaksanakan Pembinaan Pertahanan Wilayah dikemas dengan Program “Army Goes To School” setiap Senin. Para prajurit menjadi Irup di sekolah tingkat SD, SMP sampai tingkat SMA di wilayah binaannya Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim).

Seperti Senin (22/01/2018), Pelda Herman Effendi Batuud Koramil 414-05/Kelapa Kampit melaksanakan ARMY GOES TO SCHOOL sebagai pembina upacara di SMK N 1 Kelapa Kampit dan bertidak sebagai Inspiktur Upacara (Irup). Dalam amanatnya ia mengatakan ada dua penekanan kepada para siswa yakni tingkatkan keimanan dan ke takwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pegang teguh Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan serta pengabdian terhadap bangsa dan negara. “Yang kedua tingkatkan disiplin dan dedikasi dan jati diri sebagai siswa,” ujarnya.

Kegiatan Army Goes to School di Kelapa Kampit ini diikuti 537 orang terdiri dari  guru 42 orang dan 495 orang siswa siswi SMKN 1 Kelapa Kampit.

Sementara di Tanjungpandan, Pasi Ter Kapten Inf Rudi Triyuwono mewakili Dandim 0414/Belitung menjadi Pembina Upacara di Madrasah Aliyah Negeri  (MAN)-1/Belitung yang diikuti 536 siswa. Materi yang di sampaikan Kapten Tri Y menyikapi pengaruh teknologi terutama ponsel.

“Jangan kita diperbudak dengan Hp sehingga pelajaran terbengkalai. Mari kita tanamkan jiwa disiplin sejak awal agar mudah meraih untuk mencapai cita-cita yang diinginkan para siswa siswi semuanya,” ajak dia.

Sedangkan di SMP N 1 Tanjungpandan, Danramil 414-01/Tanjungpandan Mayor Inf Djoko Lelono memberikan pembekalan dalam Seminar Bela Negara dengan materi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini  diikuti 465 orang siswa dan siswi SMP Negeri 1 Tanjungpanda serta 25 tenaga guru pendamping siswa.

“Kita selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Pedomani bahwa Pancasila adalah dasar negara sebagai pandangan dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang harus kita jaga. Dengan semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 sebagai motivasi untuk meningkatkan semangat belajar dan berprestasi di sekolah ini. Jaga kerukunan antar siswa walaupun berbeda suku agama dan ras kita sesuai sesanti Bhineka Tunggal Ika meningkatkan persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Joko juga mengajak para siswa menjaga diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Dengan kemajuan tehnologi media sosial sekarang ini, siswa harus pandai memilah mana yang baik dan buruk.

“Tingkatkan motivasi belajar dengan cara menimbulkan rasa ingin tahu dan rasa percaya diri karena persaingan hidup kedepan semakin ketat,” pungkasnya. (rell/Rh/1)

No Response

Leave a reply "Kodim Belitung Giatkan Army Goes To School"