Koba Tin Didesak Bayar Utang Mantan Karyawan

  • Whatsapp

Ketua DPRD: Koba Tin Berkomitmen

KOBA – Setelah PT Koba Tin selesai membayar tunggakan pajak sebesar Rp38 miliar kepada KPP Pratama Bangka, kini Koba Tin didesak untuk menyelesaikan tunggakan utang kepada mantan karyawan dan mitra berjumlah sekitar Rp10 miliar.

Desakan ini disampaikan oleh Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafry Rahman saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Jum’at (31/03/2017).

Soal utang mantan dan karyawan ini, pihaknya sudah pernah melakukan pertemuan antara DPRD dan Presdir Koba Tin Oetomo tempo hari. Salah satu komitmen yang disepakati dalam pertemuan tersebut bahwa Koba Tin berjanji akan membayar utang mantan karyawan dan mitra.

“Menurut pembicaraan saya dengan Presdir Koba Tin dalam pertemuan di DPRD, Koba Tin berkomitmen dan berjanji akan menyelesaikan masalah utang mantan karyawan dan mitra,” ungkapnya.

Dikatakan Algafry, darimana sumber dana untuk membayar utang mantan karyawan dan mitra bukan menjadi urusan DPRD. Hanya saja, jika memang nantinya Kementerian ESDM RI memberikan izin penjualan aset, maka hasil dari penjualan aset tersebut dipergunakan untuk membayar utang mantan karyawan dan mitra.

“Jumlah tunggakan utang mantan karyawan dan mitra sekitar Rp10 milyar termasuk hak-hak tertinggal karyawan Koba Tin. Bahkan Presdir Koba Tin sendiri mengaminkan selesai jual aset, dananya langsung diserahkan kepada ESDM untuk selanjutnya membayar utang mantan karyawan dan mitra. Cuma sampai sekarang, kami belum mendengar kabar persetujuan penjualan aset Koba Tin oleh ESDM,” tuturnya.

Ia menambahkan, yang penting sekarang sama-sama kita menunggu proses penjualan aset yang memang dijaminkan dananya untuk membayar tunggakan utang mantan karyawan dan mitra.

“Paling kita menunggu saja, karena janji pak Presdir Koba Tin setelah urusan pajak ini selesai, agenda selanjutnya penjualan aset yang uangnya untuk menyelesaikan utang mantan karyawan dan mitra,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts