KM Sabuk Nusantara 52 Masuk Sadai

  • Whatsapp
KM Sabuk Nusantara 52

Rute Sadai – Sunda Kelapa
Kapasitas 350 Penumpang

TOBOALI – Kapal Motor Sabuk Nusantara 52 sejak, Jumat (3/2/2017) siang, tiba di Pelabuhan Sadai Bangka Selatan (Basel). KM yang diperkirakan berkapasitas 350 penumpang dengan berat angkutan mencapai 200 ton barang ini, akan mengambil rute di Sadai – Sunda Kelapa Jakarta Utara.

Kepala Dinas PU, Penataan Ruang dan Perhubungan Basel, Anshori melalui Kabid Perhubungan Laut, Maryono dikonfirmasi membenarkan KM Sabuk Nusantara kemarin siang tiba di Pelabuhan Sadai.

“Benar, KM Sabuk Nusantara 52 sudah masuk ke Pelabuhan Sadai. Namun, kita belum bisa menjelaskan secara detil karena masih berkoordinasi dengan Kantor Pelabuhan di Tanjung Ketapang. Kalau sudah masuk Sadai artinya dalam waktu dekat sudah mau beroperasi pada rutenya,” ungkap Maryono.

Sebelumnya, berdasarkan Keputusan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan RI No AL.108/6/11/DJPL-16 tentang Jaringan Trayek Angkutan Laut Perintis Tahun Anggaran 2017 yang ditandatangani Tonny Budiono tertanggal 8 Desember 2016 lalu, Basel yakni Sadai-Sunda Kelapa-Sadai dengan jarak tempuh 217 mil mendapatkan jaringan trayek angkutan barang angkutan laut perintis.

Pada pertengahan tahun 2015 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel juga pernah melakukan pelayaran perdana KMP Salvino, kapal mengangkut barang dan penumpang dengan rute Sadai-Ciwandan Banten, hanya saja operasionalnya tidak berlangsung lama.
Dilansir sebelumnya, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendukung pengembangan Pelabuhan Sadai menjadi pelabuhan internasional. Untuk itu, kata politisi PKS tersebut, dibutuhkan dukungan anggota DPR dan DPD RI daerah pemilihan Bangka Belitung untuk mendorong di Badan Anggaran DPR RI serta Pemkab Basel dan Provinsi Babel fokus melakukan pengembangan pelabuhan.(raw/3).

Related posts