KKN UBB & Warga Rebo Hijaukan Lahan Kritis

No comment 541 views

SUNGAILIAT – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Bangka Belitung (KKN UBB) melakukan penghijauan di kawasan konservasi tambang di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Minggu (6/8/2017) kemarin. Penanaman pohon itu adalah kali kedua dilaksanakan selama masa KKN tematik UBB di Desa Rebo dengan melibatkan elemen warga setempat.

“Untuk hari ini (kemarin-red) ada tiga macem bibit, ketapang, cemara laut dan jambu mede. Total keseluruhan penanaman hari ini ada enam ribu,” ungkap Tommy selaku Ketua KKN Tematik UBB di Desa Rebo di sela-sela kegiatan.

Sebelumnya pada penanaman pertama beberapa waktu lalu berhasil ditanam 1.000 bibit pohon lalu selanjutnya untuk yang ketiga akan ditanam sebanyak 4.000 bibit mangrove. Pemilihan lahan eks tambang untuk ditanam karena lahan yang kondisi kritis sehingga diperlukan penghijauan dengan tanaman sesuai kondisi lahan.

“Dengan penanaman kita harapkan mencegah abrasi pantai. Kami nanti juga ingin ini bukan hanya sekali kegiatan saja. Jadi kami bersama forum masyarakat Tanjung Ratu dan pemuda sekitar dan FPKM akan kerjasama supaya kegiatan ini berlanjut dan ada pemantauan,” harapnya.

Mahasiswa KKN UBB ingin lokasi yang rusak ditumbuhi lagi bakau untuk lokasi wisata dan perkembangbiakan ekosistem laut seperti ikan, udang, kepiting yang bisa dimanfaatkan masyarakat pada masa mendatang. KKN tematik UBB di Desa Rebo melibatkan 44 mahasiswa dari berbagai jurusan.

Sementara itu, Suhardi yang juga Ketua Kelompok Wisata Tanjung Karang Lestari menyatakan, Pantai Tanjung Karang Lestari atau dikenal Pantai Takari kondisinya sudah mulai membaik pasca tambang. Hanya memang diperlukan penghijauan, utamanya dengan penanaman bakau atau tanaman mangrove lainnya.

“Ini nanti kita jaga dan rawat, anggota kita ada 90 orang nanti kita kerahkan setiap minggu. Di sini lahannya sekitar 78 hektar, nanti semuanya akan dirawat. Kedepan lokasi ini juga untuk petani kelompok, tambak apung, dan peternakan, karena Bangka Belitung ini dibutuhkan pariwisata kan,” ujarnya.

Kades Rebo, Fendi yang turut hadir mengutarakan, Pemdes Rebo mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UBB yang telah menanamkan pohon di eks tambang. Ia berharap nantinya lahan kritis di eks tambang bisa ditanami tumbuhan bermanfaat seperti bakau hingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Rebo. (2nd/10)

No Response

Leave a reply "KKN UBB & Warga Rebo Hijaukan Lahan Kritis"