KKN Tematik UBB Gelar Pelatihan Keuangan di Berbura

  • Whatsapp
Mahasiswa KKN Tematik UBB usai sosialisasi dan pelatihan keuangan bagi Badan Usaha Milik Desa di Desa Berbura, Rabu (17/7/2019).(foto: Rizki Yuliandri)

RIAUSILIP- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan sosialisasi dan pelatihan keuangan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Berbura, Rabu (17/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam tersebut membahas tentang laporan keuangan, bagaimana membuat laporan keuangan, neraca, hingga laporan laba dan rugi.

Peserta yang terdiri dari lima orang perwakilan dari BUMDes dan 10 orang aparatur Desa Berbura begitu antusias mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UBB ini.

Acara sosialisasi tersebut diisi dengan meteri yang disampaikan mantan Direktur BUMDes Berbura, Yazi dan dibuka oleh Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat Dinsos Pemdes Kabupaten Bangka, Dasmita.

“Kehadiran mahasiswa KKN Tematik UBB memiliki pengaruh yang sangat positif untuk kemajuan Desa Berbura terkhususnya untuk BUMDes sendiri,” ungkap Dasmita saat membuka acara tersebut.

Sementara itu, Yazi dalam paparannya mengatakan dalam manajemen laporan keuangan BUMDes tidak memerlukan keahlian khusus tetapi membutuhkan konsentrasi dan ketelitian.

“Karena laporan keuangan hanya perlu perincian pencatatan transaksi yang dilakukan dalam setiap kegiatan operasional BUMDes,” ungkap Yazi.

Salah seorang peserta sosialisasi, Astari mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan itu dan akan segera mempraktekkan pengetahuan yang didapatnya.

“Paparan dari pemateri sangat jelas, jadi kami bisa menyerap dan mengerti dengan baik. Kami juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan cara-cara membuat laporan keuangan dengan benar dan efisien,” ungkapnya. (mla/10)

Related posts