KKN Revolusi Mental UBB Gelar Pelatihan UMKM

  • Whatsapp
Sosialisasi dan pelatihan kewirausahaan dan UMKM di Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip, Jumat (19/7/2019).(foto: Rizki Yuliandri)

RIAUSILIP- Mahasiswa KKN Revolusi Mental Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Berbura, Kecamatan Riau Silip menggelar sosialisasi dan pelatihan kewirausahaan dan UMKM, Jumat (19/7/2019).

Pada kegiatan yang mengusung tema “Desa Berbura Menuju Kemandirian Ekonomi Melalui Gerakan Indonesia Mandiri” ini mahasiswa KKN bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM.

Sosialisasi dan pelatihan Kewirausahaan dan UMKM ini dibuka oleh Kades Berbura, Assumiati dan diikuti lebih dari 15 peserta yang merupakan pelaku usaha di desa setempat termasuk aparatur Desa Berbura.

Dalam sambutannya, Assumiati menjelaskan masih banyak potensi alam yang bisa dijadikan peluang untuk membentuk unit-unit kewirausahaan di Desa Berbura, salah satunya kayu puleh yang merupakan kayu khas desa.

“Kayu ini tidak hanya bisa dibuat kerajinan, namun juga memiliki khasiat untuk obat. Kami percaya sekali, mahasiswa KKN UBB bisa menjadi perpanjangan tangan antara pelaku UMKM Desa Berbura dan Dinas terkait dalam perkembangan UMKM,” katanya.

Pendamping UMKM Kabupaten Bangka, Hardianto yang juga sebagai pemateri dalam kegjatan tersebut mengatakan bahwa mental menjadi dasar utama dalam menjadi pengusaha.

“Untuk menjadi pengusaha harus bermental baja, gagal sudah biasa namun jangan sampai mati sebelum merdeka. Kita juga harus tahu sistem pengemasan produk, sistem penjualan, cara dan teknis legalisasi,” terangnya.

Salah satu pelaku UMKM Desa Berbura, Nur Sadiman mengatakan sangat terbantu dengan adanya pelatihan tersebut bagi usahanya. Menurutnya dengan adanya pengetahuan tersebut ia bisa mengembangkan usahanya.

“Kami sudah lama menantikan pelatihan UMKM seperti ini karena dalam menjual produk lokal, kami harus memperhatikan sisi pengemasan dari produk. Karena itu kami merasa beruntung sekali bisa menerima materi dari dinas koperasi dan UMKM ini,” katanya. (mla)

Related posts