by

Kesbangpol Bina Ormas di Babel

PANGKALPINANG- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Tarmin menegaskan, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan pembinaan terhadap organisasi masyarakat (ormas) yang ada di daerah itu. Meskipun Kesbangpol sifatnya hanya menerima laporan ormas yang terdaftar, tetapi tetap dilakukan pengawasan.

Ia menyebutkan, saat ini ketentuan ormas berbeda dengan sebelumnya, dimana ormas yang berbadan hukum dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), sementara yang tidak berbadan hukum yang mengeluarkan surat terdaftar dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

“Kita hanya menerima pemberitahuan dari mereka atau mereka menyampaikan ke kita untuk teruskan ke Kemendagri, sifatnya hanya melaporkan,” kata Tarmin kepada wartawan, baru-baru ini.

Untuk pembinaan, tetap dilakukan, apalagi ketika ormas ada yang bermasalah atau menyimpang, maka dilakukan pembinaan secara berjenjang. “Kalau bantuan, gak ada, dulu pernah ada, tapi gak boleh lagi,” imbuhnya.

Disinggung ormas yang belum memiliki badan hukum atau belum terdaftar tetapi keberadaan sudah ada, Tarmin menyebutkan bisa saja secara de facto ada, tapi belum mengikuti ketentuan pemerintah, tapi tetap saja tidak diakui.

“Kalau tidak mengikuti ketentuan, ya dianggap tidak memenuhi syarat, tidak diakui dan tidak bisa bekerjasama atau bermitra dengan pemerintah,” tandasnya.

Ia tak menampik, jika dimungkinkan masih ada ormas di Babel yang belum terdaftar, pihaknya hanya bersifat mengimbau untuk ormas melakukan prosedur seauai yang ditetapkan.

Mantan kepala BKD Babel ini menyebutkan pada tahun 2015 lalu terdapat 18 ormas yang terdata atau melapor, menurun di 2016 hanya 10 ormas dan pada 2017 ada 11 ormas yang melaporkan keberadaannya.

“Ormas inikan memiliki masa bakti, biasanya 3-5 tahun, bisa saja yang melapor ini ormas yang memperpanjang masa bakti bisa juga ormas baru,” sebutnya.

Disinggung ormas HTI yang sudah dibubarkan pemerintah, ia menyebutkan secara aturan memang sudah dibubarkan dan di Babel ia melihat tidak ada lagi aktivitas dari ormas tersebut. (nov)

Comment

BERITA TERBARU