Kesbangpol Basel Ingatkan Lembaga Survei Wajib Daftar

  • Whatsapp

 

Doni, SIP, MSi

 

Read More

*Baru 1 LS Daftar

TOBOALI – Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung, Doni, SIP, MSi mengatakan, hingga saat ini baru satu yang memiliki izin penelitian survey.

 

“Jadi baru satu yang dikeluarkan izin survei oleh Pemkab Basel yakni Charta Politika. Itu pun hanya survei tentang preferensi politik masyarakat menuju Pilkada tahun 2020,” ujarnya Minggu (23/2/2020). Sedangkan untuk survei yang merujuk ke figur Balon Pilkada, belum ada yang mengajukan izin penelitian atau survei. Bahkan belum ada yang mendaftar ke Kesbangpol Basel.

 

“Lembaga survei yang belum memiliki izin di Kesbangpol apalagi yang tidak berbadan hukum, keabsahan data yang dihasilkan patut dipertanyakan,” sambung dia. Doni mengatakan, Pemkab Basel khususnya kesbangpol tidak bertanggung jawab atas data yang muncul di masyarakat jika lembaga survei tersebut tidak memiliki izin dari pemerintah.

 

 

“Kepada lembaga survei diharapkan untuk mendaftar ke Kesbangpol. Syarat mudah, berbadan hukum. Sesuai dengan Permendagri Nomor 7 tahun 2014 tentang Pedoman Penerbitan Rekomendasi Penelitian,” ujarnya.

 

Untuk itu, diimbau masyarakat jangan asal-asalan dan waspada memberikan data kepada lembaga survei yang tidak memiliki izin dari pemda. Atau yang tidak berbadan hukum karena ditakutkan data itu disalahgunakan. Di sisi lain, Kesbangpol juga secara intens memonitor jalannya tahapan Pilkada Bangka Selatan.

 

Doni berharap Pilkada Serentak di Basel dapat berjalan dengan damai dan kondusif. “Tahapan Pilkada terus kita monitor intens, kita harapkan bersama Pilkada di Basel berjalan dengan aman, damai dan kondusif, masyarakat dapat memberikan hak suaranya dengan tenang dan tentunya partisipasi pemilih Basel kita harapkan terus meningkat” pungkasnya. (raw)

 

Related posts