Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Kepsek SMP PGRI Kundi Berharap Pusling DKPUS Babel Digelar Rutin

RAKYATPOS.COM, SIMPANG TERITIP - Kepala Sekolah SMP PGRI Desa Kundi, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Hamid berharap Kegiatan Kunjungan Perpustakaan keliling (Pusling) yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel bisa digelar secara rutin.

Hal itu, menurut Ibnu, guna mendukung peningkatan minat baca bagi siswa SMP PGRI Kundi. "Kunjungan Pusling DKPUS Babel ini berdampak positif bagi siswa kami. Karena di SMP PGRI Kundi juga ada yang namanya program literasi," ujarnya disela-sela pelayanan Pusling DKPUS Babel di Halaman SMP PGRI Kundi, Selasa (17/11/2020).

Dengan adanya kunjungan Pusling DKPUS Babel, koleksi bacaan siswa menjadi bertambah.

"Kami telah membuat jadwal wajib bagi siswa untuk ke perpustakaan pada hari-hari

tertentu.

Tahun lalu, kami buat aturan 15 menit sebelum belajar siswa wajib baca buku di

perpustakaan. Untuk

tahun depan 15 menit setelah istirahat pertama di hari-hari tertentu

siswa wajib baca buku di perpustakaan," jelas Ibnu.

Ibnu menyebutkan, memang saat ini, pihaknya telah memiliki perpustakaan sekolah. Namun, koleksi buku-bukunya masih banyak yang berkaitan dengan buku-bukup pelajaran. Sedangkan buku-buku umum masih sedikit.

Oleh karena itu, kata dia, melalui Kunjungan Pusling DKPUS Babel ini, ke depan selain dilaksanakan rutin, koleksi buku-buku umum ditambah, sehingga siswa mendapatkan refenrensi baru tentang buku-buku umum.

Dalam kesempatan sama, M Syahril, siswa Kelas 1 SMP PGRI Kundi mengaku senang dengan adanya kunjungan Pusling ini.

Ia bersama rekannnya berharap kunjungan pusling ini rutin digelar, sehingga mereka bisa membaca buku-buku baru.

Sementara itu, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin melalui Pustakawan Madya DKPUS Babel Danuar yang memimpin giat kunjungan Pusling ke Desa Kundi mengatakan, Pusling merupakan media untuk memperoleh informasi bagi masyarakat.

"Pusling ini, kami ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang jauh dari perpustakaan umum, seperti yang kami lakukan Selasa hari ini di Desa Kundi dan Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpang Teritip," jelasnya.

Danuar menyebutkan, dalam kunjungan Pusling ke Desa Kundi dan Bukit Terak ini, DKPUS Babel membawa sebanyak lebih kurang lebih 200 judul buku mulai dari buku-buku cerita anak-anak, novel, pertanian, perikanan dan lainnya.

"Kami ingin buku-buku yang kami bawa melalui Pusling bisa membantu masyarakat untuk mengubah kesejahteraan mereka, sesuai dengan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sebagaimana yang telah diprogramkan Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia," kata Danuar.

Di hari yang sama, Tim DKPUS Babel dikoordinatori Pustakawan Madya DKPUS Babel, Bambang, turut melakukan Kunjungan Pusling ke Desa Paku, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Babel.

Untuk layanan Pusling di Desa Paku dipusatkan di Halaman SDN 7 Desa Paku.(rel).

Diatas Footer
Light Dark