Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Kepsek MIN Beruas Harapkan Tambahan Koleksi Bacaan Anak-anak di Pusling

RAKYATPOS.COM, KELAPA – Kepala Sekolah Madrasah Itidaiah Negeri (Kepsek MIN) Desa Beruas, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Sabirin berharap adanya tambahan koleksi buku bacaan khusus anak-anak dalam pelayanan Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Hal itu, disampaikan langsung Sabirin kepada Tim Pelayanan Pusling DKPUS Babel disela-sela Pelayanan Pusling di Halaman MIN Desa Beruas, Kecamatan Kelapa, Bangka Barat, Selasa (24/11/2020).

Menurut Kepsek MIN, Pelayanan Pusling yang diberikan DKPUS Babel ini sangat bagus. Karena, selain di MIN Berus buku-buku perpustakaan yang dimiliki masih sangat terbatas, daerahnya jauh dari bahan-bahan bacaan dan informasi, juga menjadi motivasi bagi siswa.

“Yang terpenting ini menjadi motivasi dan penyemangat bagi siswa bagi untuk gemar membaca. Maklumlah, di Perpustakaan sekolah kami, koleksi bukunya masih terbatas. Sampai hari ini, baru ada sekitar 1000 buku,” ungkapnya.

Kehadiran Pusling DKPUS Babel ini, paling tidak menjadi pendorong minat baca siswa. “Kami juga harapkan Pusling ini, bisa menambah koleksi buku-buku bacaan. Karena di Perpustakaan kami kan kurang. Jadi, melalui Pusling seperti ini, bisa menambah wawasan baru bagi siswa kami,” ujarnya.

Selain mengarahkan siswanya yang masuk dengan sistem giliran, untuk membaca buku di Pusling DKPUS, Sabirin juga mengajak guru-guru MIN membaca dan mengarahkan siswa agar membaca buku sesuai minat masing-masing siswa.

Dalam pelayanan Pusling yang mulai dibuka sejak Pukul 09.15 hinga siang hari itu, puluhan siswa MIN didampingi Kepsek dan para gurunya, bersemangat membaca kolek buku-buku yang disediakan Pusling.

Sebelumnya, Sekretaris Desa Beruas, Alwi mewakili Kepala Desa Beruas Pariandi mengucapkan terma kasih kepada Tim Pelayanan Pusling DKPUS Babel yang telah membantu menyediakan layakan perpustakaan bagi masyarakat desanya.

Ia berharap, kegiatan serupa bisa dilakukan kembali diwaktu-waktu berikutnya, sehingga minat baca masyarakat di Desa Beruas bisa digenjot.

Sementara itu, Pustakawan Ahli Madya DKPUS Babel Danuar mewakili Kepala  DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengucapkan terima kasih atas masukan dari Kepsek MIN Beruas berkenaan dengan tambahan koleksi buku bacaan Pusling.

Terkait dengan layanan Pusling, dikatakannya, ini salah satu upaya DKPUS Babel mendapatkan informasi dan bahan-bahan bacaan masyarakat di daerah yang jauh dari pusat informasi atau perpustakaan umum, sekaligus mendorong minat baca masyarakat di desa-desa.(rel).

Diatas Footer
Light Dark