Kemeriahan Perayaan HUT ke-74 RI di Kabupaten Bangka

  • Whatsapp

Bupati Berikan Kuis Berhadiah Uang Hingga Tabungan

Usai melaksanakan seremonial resmi HUT ke-74 RI 17 Agustus 2019 yang dipusatkan di Kantor Bupati Bangka. Pemkab Bangka kembali memeriahkan HUT ke-74 RI tahun ini dengan parade drumband di tanggal 19 Agustus, pawai indah pada 20 Agustus 2019 dan karnaval serta kendaraaan hias yang diselenggarakan tanggal 21 Agustus 2019.

Setidaknya ada 27 kelompok drumband yang ikut serta dalam parade ini. Tingat SD/MTS dimenangkan SDN 1 Sungailiat, menyusul diurutan ke dua SDN 12 dan diurutan ketiga SDN 3 Sungailiat. Sementara di tingkat SLTP/MTS dinobatkan sebagai juara pertama drumband SMPN 2 Sungailiat, diperingkat dua SMPN 1 Sungailiat dan diposisi ketiga drumband asal SMPN 1 Merawang. Ditingkat SLTA/MA dijuarai SMK Yapensu Sungailiat. Peserta drum band diberi hadiah kue ulang tahun ke-74 tahun.

“Sesuai dengan tema dan subtema peringatan HUT RI tahun ini yaitu memajukan sumber daya manusia, maka melalui drum band juga bisa meningkatakan kualitas manusia, karena drumband merupakan salah satu olahraga yang dilakukan sambil berbaris,” ujar Bupati Bangka, Mulkan dalam sambutannya.

Dari 27 kelompok yang mengikuti parade drum band dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori pemula, junior dan senior. Keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan Pawai indah baris berbaris yang diikuti 283 peserta. Dimana, di tingkat SD putri dimenangkan SDN 1 Merawang, di posisi kedua SDN 10 Sungailiat dan posisi ketiga SDN 1 Merawang. Ditingkat SLTP dijuarai SMPN 1 Merawang untuk putri. Sedangkan untuk SMA/MA 1 Sungailiat untuk putra dan untuk putri dimenangkan SMAN 1 Merawang.

Sedangkan di hari terakhir karnaval dan kendaraaan hias diikuti 196 kontingen. Diikuti mulai tingkat sd hingga umum. Di hari ketiga ini, Bupati bersama jajaran memakai pakaian adat khas Bangka. Sepanjang 4 kilometer rute yang dilalui parade mulai dari Jalan Pemuda hingga berakhir di Taman Kota Sungailiat. Tiap peserta melakukan pertunjukan terbaiknya didepan panggung kehormatan yang terletak di area simpang empat Pelabuhan Sungailiat.

Bupati Bangka juga menyampaikan pesan kepada seluruh panitia dan juri dalam kegiatan parade drum band untuk bersikap jujur dan menjunjung tinggi kode etik dalam proses peniliaian peserta. Kepada seluruh masyarakat yang menonton, bupati mengharapkan ketertiban saat menonton agar tidak terjadi insiden yang merugikan pihak manapun.

Menghibur masyarakat yang dengan semangat tinggi sejak hari pertama Bupati pun memberikan quiz bagi penonton di seputar panggung kehormatan. Bahkan, ada yang diberikan tabungan plus uang tunai langsung dari Bupati Bangka dan Bank Sumsel Sungailiat. (10/ADV.IKP/Dinkominfotik/2019)

Related posts