Kementerian ESDM Bersedia Lakukan Pembayaran Uang Reklamasi Mitra Koba Tin

  • Whatsapp
Anggota Komisi III DPRD Bangka Tengah saat temu muka dengan Kementerian ESDM di Jakarta guna membahas keterlambatan pembayaran uang reklamasi kepada mitra yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. (foto: istimewa)

KOBA – Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menemui Kementerian ESDM di Jakarta, guna membahas persoalan keterlambatan pembayaran uang pengerjaan reklamasi yang dilaksanakan para mitra PT Koba Tin.

“Komisi III DPRD Bateng sengaja datang menemui langsung pihak ESDM untuk dengar pendapat terkait apa kendalanya yang menyebabkan terjadi keterlambatan pembayaran uang reklamasi kepada para mitra sebagai pihak ketiga yang melaksanakan kegiatan tersebut,” ujar Ketua DPRD Bateng, Me Hoa melalui press release Selasa (28/01/2020).

Read More

Dikatakannya, total pekerjaan reklamasi PT Koba Tin yang sudah dilaksanakan para mitra seluas 1.346,4 haktare dari total luas secara keseluruhan yang akan direklamasi 1.505,7 hektare.

“Kami sudah mendengar penjelasan dari pihak ESDM bahwa di antara kendala membuat terhambatnya pencairan dana reklamasi pada triwulan 3 dan 4 Tahun 2018 dan triwulan 1 Tahun 2019 yaitu banyaknya lahan yang sudah di reklamasi, tetapi dirusak para penambang timah secara liar. Selain itu, ada juga gangguan alam dan tanaman yang mati,” ungkapnya.

Dari hasil pertemuan tersebut, katanya, sudah ada titik terang terkait jadwal pembayaran uang reklamasi kepada mitra khususnya yang sudah selesai mengerjaannya. “Pihak ESDM sudah bersedia melakukan pembayaran berdasarkan klaim dan hasil verifikasi dilapangan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, saat ini, sedang menunggu tanda tangan direksi dan diupayakan akan ada pencairannya dalam minggu ini.

“Pasca pertemuan ini, saya tidak mau lagi mendengar adanya utang terhadap mitra, karena akan menyebabkan pelaksanaan pasca tambang berjalan tidak maksimal, ditambah kontrak karya yang akan berakhir tidak lama lagi yakni tahun 2021,” tandasnya. (ran/3)

JustForex

Related posts