KemenPar Gelar Bimtek Pemandu Wisata Selam

  • Whatsapp

Sijuk – Dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menggelar Bimtek kepada Pemandu Wisata Selam di Belitung Diving Centre, Desa Tanjung Binga, Kecamatanm Sijuk, Belitung.

Bimtek yang dibuka pada Senin (1/4/2019) ini, diikuti sebanyak 10 orang peserta, dan Bimtek Pemandu Wisata Selam yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penunjukan Belitung untuk digelarnya kegiatan ini, bukan tanpa alasan. Selain Belitung adalah destinasi wisata, juga minat dari penyelam. “Ini kegiatan yang pertama di Bangka Belitung,” tegas Ito, mewakili Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto ini, akan berlangsung selama lima hari. Sebagai daerah tujuan wisata, Hermanto Berharap kepada Peserta bimbingan teknis semua dapat lulus. “Kepada rekan-rekan Instruktur diharapkan untuk dapat membina, karena ini aset kami,” harap Hermanto.

“Sebagai salah satu destinasi wisata, kita harus menyiapkan SDM. Banyak wisatawan yang ingin diving, snorkling, sehingga dibutuhkan kepemanduan supaya wisatawan yang datang ke Belitung ini, bisa aman baik didarat maupun dilaut.Agar mereka punya kemampuan yang sesuai dengan tuntutan,” kata Hermanto.

Belitung, lanjut dia, dikenal sebagai daerah pariwisata dengan keindahan pantai dan pemandangan bawah laut yang mempesona. Untuk mendukung wisata bawah laut, Kabupaten Belitung Sudah memiliki sarana gedung diving centre.

Gedung menjadi sentral kegiatan selam di Kabupaten Belitung. ” Yang masih kita butuhkan adalah kolam latih sebagai kelengkapan dari Diving centre,” ujar Hermanto.

Bimtek Pemandu Wisata Selam ini, bekerja sama dengan KONI Belitung, dengan menghadir tiga orang instruktur selam, salah satunya adalah Amin Nurachman yang juga adalah Ketua KONI Belitung. (yan/3)

Related posts