by

Kemenkum & HAM Babel Geledah  Lapas Bukit Semut 

SUNGAILIAT – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum & HAM) Bangka Belitung (Babel)  menggeledah kamar sel di Lapas Bukit Semut Sungailiat,  Senin (16/4/2018). Penggeledahan digelar dalam rangka memperingati HUT Bakti Pemasyarakatan ke-54.
Kasubid Registrasi dan Infomasi Kanwil Kemenkum dan HAM Babel Mahmudin, mengatakan penggeledahan di sel penghuni Lapas Bukit Semut Klas II B Sungailiat adalah perintah langsung dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel.
Penggeledahan kata dia,  juga dilakukan di seluruh lapas dan rutan di Bangka Belitung. Menurutnya penggeledahan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.
“Di Babel ada yang di Tanjung Pandan, Muntok, Pangkalpinang dan Sungailiat dan untuk di Lapas Bukit Semut semua kamar penghuni digeledah, baik di kamar laki laki maupun wanita,”jelasnya.
Sementara itu,  Faozul Ansori selaku Kepala Lapas Bukit Semut Sungailiat mengatakan dari hasil penggeledahan tidak ditemukan adanya barang barang terlarang seperti narkoba, hanya saja ada beberapa barang yang disita.
“Bisa disaksikan ada obat obatan, pena, kaca dan lain lain, barang ini diambil karena diprediksi bisa menyebabkan gangguan keamanan, makanya kita ambil,” ungkap Faozul.
Dari hasil penggeledahan, lanjut dia, memang ditemukan beberapa jenis obat- obatan,  tetapi obat tersebut hanya digunakan untuk sehari-hari bukan jenis narkoba.
“Karena aturan di lapas atau rutan, bahwa obat yang mereka pegang biasanya obat untuk sekali minum, jika jumlah yang banyak kita ambil, takut disalahgunakan, mungkin dengan pemakaian yang berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada tubuh manusia, untuk narkoba sendiri tidak ditemukan narkoba,”jelas Faozul.
Menurutnya penggeledahan ini dilakukan semata mata niat baik dari pimpinan bahwa untuk melaksanakan ketertiban di dalam lapas atau rutan.(2nd)

Comment

BERITA TERBARU