Kemenkes Nilai Puskesmas Tanjung Labu

  • Whatsapp

LEPAR PONGOK – Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Selasa (23/4/2019) lalu, melakukan penilaian ke Puskesmas Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

“Komisi Akreditasi untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan, Supriyadi kepada wartawan.

Ia menjelaskan, Tim Akreditasi Puskesmas merupakan komisi yang memang sudah dilatih khusus menjadi penilai apakah sebuah puskesmas lulus akreditasi atau tidak.

“Tujuan umum dari akreditasi Puskesmas adalah meningkatkan mutu layanan Puskesmas. Tujuan khususnya antara lain, memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan dan menetapkan strata akreditasi Puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan,” ujarnya.

Selain itu, tujuan akreditasi Puskesmas adalah untuk memberikan jaminan kepada petugas puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar yang ditetapkan.

“Dan juga memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas telah sesuai standar, sehingga terbinanya Puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja,” imbuhnya.

Supriyadi menambahkan, akreditasi ini adalah sebagai perbaikan lini pelayanan kesehatan pertama yang berhadapan dengan masyarakat. “Karena saat ini Puskesmas masih menjadi tempat layanan umum yang masih dinomorduakan oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya akreditasi dapat memberikan rating atau grade pada Puskesmas itu sendiri, dan menjadi tujuan utama masyarakat dalam pelayanan kesehatan di daerah Lepar Pongok maupun Tanjung Labu.

“Semoga dengan adanya akreditasi ini, akan membuat kelas Puskesmas sendiri menjadi naik pamor. Bukan karena peralatannya saja, melainkan juga pelayanan kepada masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan pelanggannya,” harapnya.

Turut hadir, Camat Lepar Pongok Dodi, Danramil, Kapolsek, Kades dan Kadus di wilayah Tanjung Labu, saat penilaian tersebut. (raw/3)

Related posts