Kemendikbud Segera Launching Program Tuntas PAUD

  • Whatsapp

Akan Dihadiri Direktur Pembinaan PAUD

SUNGAILIAT – Direktur Pembinaan Pendidikan Anah Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud), Ella Yulaelawati, Selasa (21/3/2017) mendatang, akan mencanangkan program penuntasan pra sekolah bagi anak usia 0-5 tahun, di Gedung Sepintu Sedulang, SUngailiat, Kabupaten Bangka.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Padli mengatakan pencanangan ini menimbang program penuntasan pra sekolah sudah lebih dulu dilakukan negara maju seperti Jepang dan Cina. Bahkan kedua negera itu sudah siap untuk menghadapi perkembangan 50 tahun kedepan.
“Kita harus mempersiapkan itu. Usia 0-5 tahun adalah usia perkembangan emas, saat fisik dan otak anak berada di masa pertumbuhan terbaiknya, dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Dimasa ini, stimulasi pendidikan yang positif sangat penting bagi perkembangan anak,” kata Padli kepada wartawan, Sabtu (4/3/2017).
Ketika ditanyakan apakah dengan memasukkan anak secara dini ke Paud seperti memaksa anak untuk belajar, dijelaskan Padli bahwa anggapan itu tidak benar. Karena metode pembelajaran pra sekolah disesuaikan dengan usia anak.
“Pembelajaran membaca, menulis dan berhitung konvensional tidak dianjurkan. Sebaliknya, sangat didorong untuk membangun pengenalan aksara dan angka yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Caranya dengan kegiatan bermain, bernyanyi, mendengarkan dongeng, dan bercerita dengan teman sebaya,” pungkasnya. (snt/1)

Related posts